bank bjb
  

Pemilik E-KTP Beroleh Rp 600 Ribu untuk Biaya di Rumah Aja, Begini Faktanya!

  Rabu, 31 Maret 2021   Gelar Aldi S
Pemilik E-KTP Beroleh Rp 600 Ribu untuk Biaya di Rumah Aja, Begini Faktanya!
Beredar sebuah narasi yang menyebutkan akan adanya kompensasi biaya dengan jumlah tertentu selama #dirumahsaja bagi pemilik E-KTP. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Beredar sebuah narasi yang menyebutkan akan adanya kompensasi biaya dengan jumlah tertentu selama #dirumahsaja bagi pemilik E-KTP.

"Bagi yang sudah memiliki E-KTP sudah bisa mengambil kompensasi Per Tgl 22 April sebesar Rp. 600.000 untuk biaya # dirumah aja.
Silahkan cek nama anda tercantum, dan cocokkan NIK E-KTP anda melalui link berikut
 
https://tinyurl.com/d36cjjwc
 
Stayhome jangan lupa pakai masker & jaga jarak aman" itulah isi dari narasi yang tersebar luas di Facebook. Tak hanya Rp 600.000. narasi yang sama juga tersebar dengan jumlah yang lebih besar, yaitu Rp 1.000.000.
 
Pemeriksaan Fakta
 
Berdasarkan hasil penelusuran cek fakta Ayobandung.com, narasi berisikan adanya kompensasi biaya selama #dirumahsaja dengan jumlah tertentu bagi pemilik E-KTP adalah hoaks.
 
Fakta pertama, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menegaskan info itu salah.

Dia menerangkan, bahwa isu pemberian kompensasi yang menyebar itu tidak perlu dianggap serius oleh masyarakat yang mendapatkannya.
 
Fakta kedua, Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, I Gede Suratha menyampaikan bahwa informasi yang beredar itu tidaklah benar dan pihaknya tidak pernah memiliki program seperti itu.

Maka dari itu bisa dikatakan bahwa informasi pemberian kompensasi sebesar Rp1 juta kepada masyarakat yang berada di rumah adalah informasi bohong atau hoaks.
 
Suratha pun mengimbau masyarakat untuk memperhatikan domain atau alamat situs yang dibagikan. Situs resmi program bansos yang dibuat pemerintah, kata dia, umumnya tidak akan menggunakan domain bit.lytinyurl.comsites.google.com, tiny.cc, atau semacamnya.
 
Fakta ketiga, bahwasannya narasi mengenai kompensasi biaya selama #dirumahsaja dengan jumlah tertentu bagi pemilik E-KTP adalah hoaks lama yang terus berulang. 
 
Hoaks yang sama pernah beredar ketika ditetapkannya Covid-19 menjadi pandemi, April 2020. Pada hoaks itu, nominal yang ditawarkan pun cukuplah menggirukan, yakni Rp 1.250.000.
 
Kesimpulan
 
Berdasarkan fakta yang terkumpul mengenai isu kompensasi biaya bagi pemilik E-KTP selama #dirumahaja sebesar Rp 600.000 dan atau Rp 1.000.000, adalah hoaks. Hoaks ini merupakan hoaks lama yang beredar kembali.
 
Sumber hoaks:
 
 
 
 
Link counter hoaks:
 
 
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar