bank bjb
  

Jelang Peringatan Wafatnya Isa Almasih, Gereja dan Mako di Cirebon Dijaga Ketat

  Kamis, 01 April 2021   Erika Lia
Jelang Peringatan Wafatnya Isa Almasih, Gereja dan Mako di Cirebon Dijaga Ketat
Personil Polri, TNI, dan unsur terkait lain disiagakan untuk pengamanan ibadah Paskah maupun antisipasi gangguan kamtibmas dan terorisme menyusul serangan di gereja Makassar maupun Mabes Polri. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Penjagaan tempat ibadah dan markas polisi di Kabupaten Cirebon diperketat pasca teror Gereja Katedral Makassar dan Mabes Polri.

Kapolresta Cirebon, Kombes M. Syahduddi menyebutkan, menjelang peringatan wafatnya Isa Almasih (Paskah) pada Jumat 2 April 2021, pengamanan dilakukan di gereja dan rumah ibadah yang digunakan beribadah paskah.

AYO BACA: Fungsi Penerbangan Komersil Bandara Kertajati yang Tak Pernah Terwujud
AYO BACA: Dulu Mensos, Sekarang Bupati dan Anaknya di Bandung Barat Korupsi Bansos Covid-19

"Ada 20 gereja dan 6 rumah ibadah yang digunakan untuk beribadah paskah. Kami sudah tempatkan personil sesuai karakteristik kerawanan di tiap lokasi," katanya, Kamis 1 April 2021.

Pola pengamanan dilakukan dengan konsep terbuka dan tertutup. Pengamanan konsep terbuka dengan menempatkan anggota berseragam di gereja maupun rumah ibadah.

Selain itu berupa patroli gabungan sebagai jaminan keamanan dan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), termasuk aksi teror.

"Komposisi personil yang mengamankan pelaksanaan ibadah paskah terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta seluruh komponen masyarakat," tuturnya.

Unit Jibom pun melakukan sterilisasi gereja maupun rumah ibadah. Selain tempat ibadah, dia tak menampik ancaman serangan juga dihadapi personil yang bertugas.

AYO BACA: Jadi Tersangka Korupsi Bansos Covid-19, Bupati Bandung Barat dan Anak Sakit 
AYO BACA: Penurunan Tanah di Pantura Jawa dan Ancamannya 

Untuk ini, diterapkanlah buddy system di mana penjagaan dilakukan 2 orang atau lebih. "Jadi kalau ada apa-apa, anggota yang seorang lagi bisa mengetahui dan mengambil tindakan. Pokoknya personil yang bertugas tidak boleh sendirian," tegasnya.

Menyusul serangan ke Mabes Polri, Syahduddi memastikan pengamanan telah diperkuat sejak jauh hari. Tak hanya Mapolresta Cirebon, penguatan pengamanan juga dilakukan terhadap mapolsek se-wilayah hukum Polresta Cirebon.

"Selain pengamanan fisik mako (markas komando), pengamanan juga berlaku bagi personil," cetusnya.

Dia menyebutkan, pengamanan pada Mamo dilakukan dengan menempatkan barier dan sarana pelindung lain untuk menghambat aksi teror dan gangguan kamtibmas. 

Komposisi personil yang ditempatkan untuk pengamanan mako pun melebihi biasanya. Selain buddy system, personil juga dilengkapi persenjataan lengkap.

"Lingkungan tempat tinggal seperti rumah dinas dan asrama juga ditingkatkan pengamanannya," tambahnya.

AYO BACA: Zakiah Aini yang tak Pulang, Polisi Pinta Warga Tidak Kucilkan Keluarganya 
AYO BACA: Kementerian Agama akan Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Pada 12 April 2021

Sejauh ini, dari laporan intelijen yang diterimanya, dia memastikan Kabupaten Cirebon kondusif. Namun begitu, pihaknya tak bisa mengabaikan kemungkinan gangguan kamtibmas maupun serangan teror.

Pihaknya sendiri telah memetakan potensi kerawanan maupun ancaman di Kabupaten Cirebon. Dia menegaskan, kesiapan pihaknya menghadapi risiko gangguan kamtibmas.

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf. Sugir memastikan kesiapan TNI membantu penuh Polresta Cirebon mengamankan wilayah Kabupaten Cirebon.

"Kami siap bantu. Intinya buddy system," ungkapnya.

Pengamanan di Makodim pun tak ubahnya di Mapolres. Pengetatan turut pula diberlakukan pasca serangan teror di Makassar maupun Jakarta.

Optimalisasi pengetatan pengamanan juga diberlakukan di Mapolres Cirebon Kota maupun setiap mapolsek. Meski begitu, pelayanan publik tetap berjalan seperti biasa.

"Polres dan Polsek jajaran melaksanakan pengamanan maksimal. Untuk pelayanan (publik) normal," tegas Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar