bank bjb
  

Ledakan Kilang Minyak Balongan Sebab Teroris, Begini Faktanya!

  Jumat, 02 April 2021   Gelar Aldi S
Ledakan Kilang Minyak Balongan Sebab Teroris, Begini Faktanya!
(Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Ledakan Kilang Minyak Balongan di Indramayu terjadi pada Senin, 29 April 2021 dini hari. Kilang Minyak tersebut adalah Kilang PT Pertamina RU VI Balongan.

Terkait akan ledakan itu, akun @terror_alarm membuat utas di Twitter dengan menyebut dalam bahasa Inggris, bahwa ledakan kilang tersebut akibat serangan teroris.

#BREAKING: Second terrorist attack in Indonesia:
A massive explosion and raging fire engulfed a Balongan oil refinery in the Indramayu region of Indonesia. Many people were wounded and killed.
#Indonesia

Demikian narasi pada utas @terror_alarm yang diunggah di hari yang sama terjadi ledakan, 29 Maret 2021. Sampai berita ini dibuat, utas tersebut telah mendapatkan 650 re-tweet, 403 quote tweet dan 1450 likes.

AYO BACA: Sampai Ada Korban Jiwa, Diduga Insiden Kilang Minyak Didalangi Kelalaian 

Pemeriksaan Fakta

Cek Fakta Ayobandung.com menelusuri fakta-fakta dan analisis-analisis yang berkaitan dengan ledakan minyak Balongan di Indramayu. 

Analisis pertama dari pihak Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago. Ia menjelaskan, dugaan sementara terjadinya ledakan kilang minyak di Balongan, Indramayu disebabkan oleh adanya indikasi kebocoran tangki. 

Menurut dia, ada dua kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran itu, antara lain yakni karena kebocoran, atau dari adanya petir yang menyambar ke tangki minyak. 

Namun, kata dia, sejumlah spekulasi itu masih perlu dibuktikan dengan menunggu dimulainya proses olah tempat kejadian perkara (TKP). Karena menurutnya sejauh ini pihak Pertamina masih berupaya mengontrol situasi.

AYO BACA: Api Susulan Kilang Pertamina Muncul, Warga Balongan Bertahan di Pengungsian

Lalu dari pihak PT Pertamina. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto dalam keterangan tertulisnya, pihaknya tengah mempercepat proses investigasi penyebab kebakaran tangki T-301 di area Kilang Balongan, Indramayu, dilansir dari Kompas.com, 1 April 2021.

KESIMPULAN

Berdasarkan data-data yang didapatkan Ayobandung.com, maka penyebab meledaknya kilang minyak di Balongan, Kabupaten Indramayu bukanlah akibat serangan teroris. 

AYO BACA: Kilang Balongan Terbakar Lagi, Begini Peringatan Walhi Sebelumnya 

Pihak PT Pertamina sendiri tengah mempercepat proses investigai penyebab ledakan. Sedangkan dari pihak Polda Jabar, melalui Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, ia menjelaskan, dugaan sementara terjadinya ledakan kilang minyak di Balongan, Indramayu disebabkan oleh adanya indikasi kebocoran tangki.

Oleh karena itu, ledakan kilang minyak di Balongan, Kabupaten Indramayu akibat serangan teroris adalah salah.

Sumber hoaks:

https://twitter.com/terror_alarm/status/1376278419214852106

Link counter hoaks:

https://money.kompas.com/read/2021/04/01/173041526/pertamina-percepat-proses-investigasi-kebakaran-kilang-balongan

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5513549/ini-dugaan-sementara-penyebab-kebakaran-kilang-pertamina-di-balongan-indramayu

https://www.antaranews.com/berita/2068742/kapolda-ada-indikasi-kebocoran-pada-tangki-yang-terbakar-di-balongan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar