Yamaha

Tabrakan Kapal di Perairan Indramayu Bikin Belasan Orang Hilang

  Minggu, 04 April 2021   Republika.co.id
ilustrasi nelayan. (dok. KKP)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) KM Barokah Jaya menghilang dalam insiden tabrakan antar kapal di perairan Indramayu, Sabtu 3 April 2021 petang.

KM Barokah Jaya sendiri menabrak kapal MV Habco Pioneer. 17 orang yang hilang hingga kini masih dicari oleh Tim Sar. Dilaporkan pula dalam kejadian 15 orang ABK selamat dalam insiden tersebut.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, menjelaskan, upaya pencarian dilakukan di sekitar lokasi kejadian di perairan Indramayu. Perangkat yang dikerahkan dalam pencarian korban yaitu KN SAR Wisnu, KM Baru Rugem, dan RIB 09 Bandung.

"Tim SAR Gabungan juga akan melakukan penyelaman dari tim penyelam BSG (Basarnas Special Group),’’ kata Deden, Minggu 4 April 2021 pagi.

Jika korban ditemukan, lanjut Deden, selanjutnya korban akan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu. Ada 17 orang yang masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

Sementara itu, hingga Minggu 4 April 2021 pukul 06.55 WIB, sebanyak 15 korban selamat yang sebelumnya sudah dievakuasi oleh MV Habcoo Pioneer, telah dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta.

Kapal MV Habco Pioneer sebelum peristiwa itu terjadi sedang berlayar dari Balikpapan menuju Merak. Sedangkan kapal Barokah Jaya sedang dalam perjalanan dari Tanjungan ke Balongan.

Kantor SROP/VTS Cirebon kemudian menerima laporan dari Kapten Kapal Habco Pioneer, Muhammad Ferdinan Rizal Tanjung, Sabtu 3 April 2021 pukul 16.45 WIB, bahwa kapal nelayan Barokah Jaya menabrak MV Habco Pioneer. Peristiwa itu menyebabkan kapal Barokah Jaya terbalik dan 17 orang ABK dilaporkan hilang. Sedangkan 15 ABK berhasil selamat dan dievakuasi ke MV Habco Pioneer.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar