bank bjb
  
Yamaha

Pemerintah Izinkan Salat Tarawih dan Ied Berjamaah pada Bulan Puasa 2021 dengan Syarat Ini

  Senin, 05 April 2021   Ananda Muhammad Firdaus
Pemerintah Izinkan Salat Tarawih dan Ied Berjamaah pada Bulan Puasa 2021 dengan Syarat Ini
ilustrasi protokol kesehatan saat beribadah di dalam masjid. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Pemerintah mengizinkan pelaksanaan Salat Tarawih dan Salat Ied berjamaah pada Ramadhan dan Lebaran Idulfitri 2021.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan hal itu boleh dilakukan masyarakat dengan catatan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat.

AYO BACA : Kiat Agar Terbiasa Tahajud dan Keutamaan Shalat Malam

Muhadjir mengatakan, memang pada dasarnya, ibadah-ibadah di Bulan Ramadhan diperbolehkan. Tak ada larangan, hanya perlu diingat bahwa Covid-19 masih mewabahi Tanah Air.

“Yang harus dipatuhi adalah protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan sangat ketat,” ujar Muhadjir, Senin 5 April 2021 petang.

AYO BACA : 5 Situs Streaming Nonton Drama Korea Sub Indonesia Terbaru 2021

Bicara tentang protokol kesehatan, Muhadjir menyontohkan, pelaksanaan ibadah salat berjamaah dilaksanakan dengan terbatas. Pembatasan tersebut seperti hanya di komunitas itu saja atau jamaah salat satu sama lainnya saling mengenal.

“Sehingga jemaah dari luar mohon supaya tidak diizinkan,” pintanya.

Juga, lanjut Muhadjir, agar pelaksanaan salat berjamaah di Bulan Ramadhan bisa dilangsungkan sesederhana mungkin dan tidak memakan wakt terlalu lama. Pertimbangan ini juga perlu dipikirkan lantaran Covid-19 yang belum berlalu.

Terkait Salat Idulfitri, dia mewanti-wanti, agar tidak terjadinya kerumunan massa seperti umumnya Salat Ied sebelum pandemi Covid-19. Menghindari kerumunan massa juga perlu dilakukan selama ibadah Ramadhan.

“Supaya menjaga untuk tidak terjadi kerumunan, konsentrasi orang terutama pada saat sedang akan datang menuju ke tempat salat jamaah, baik itu di lapangan maupun di masjid maupun ketika saat bubar dari salat jemaah supaya dihindari betul adanya kerumunan yang terlalu besar sehingga bisa semuanya berjalan dengan aman,” tandasnya.

AYO BACA : Sholat Tarawih Ramadhan 2021 Diperbolehkan Asal Jangan Lama-lama


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar