bank bjb
  

Status UMKM Bisa Naik, Pemerintah Targetkan Peningkatan Porsi Kredit hingga 30%

  Selasa, 06 April 2021   Editor
Status UMKM Bisa Naik, Pemerintah Targetkan Peningkatan Porsi Kredit hingga 30%
Pemerintah menargetkan porsi kredit bagi Usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditingkatkan hingga 30 persen di tahun 2024. Pembiayaan di sektor tersebut saat ini masih di kisaran 18-20 persen. (dok. ist)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Pemerintah menargetkan porsi kredit bagi Usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditingkatkan hingga 30 persen di tahun 2024. Pembiayaan di sektor tersebut saat ini masih di kisaran 18-20 persen.

“Bapak presiden memberikan arahan bahwa kredit UMKM ini ditargetkan di tahun 2024 adalah lebih dari 30 persen,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengutip laman Setneg, Selasa 6 April 2021.

AYO BACA : Ibadah Umroh dan Haji 2021 Diizinkan

Realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun lalu mencapai Rp198,53 triliun atau lebih dari 104 persen dari yang ditargetkan.

Secara rinci penyaluran KUR tersebut terdiri dari KUR Super Mikro dengan nilai di bawah Rp10 juta tersalur Rp8,49 triliun atau sekitar 4 persen, kemudian KUR Mikro dengan nilai Rp10-50 juta tersalur Rp128,9 triliun atau sekitar 65 persen.

AYO BACA : THR Hak Pekerja, Menaker: Wajib Dibayarkan!

Kemudian, KUR Kecil dengan nilai Rp50-500 juta tersalurkan Rp59,06 triliun, serta KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tersalur Rp372 miliar.

“Arahan Bapak Presiden tentu terkait dengan KUR yang tanpa jaminan yang selama ini angkanya antara di bawah Rp50 juta ini untuk tingkatkan plafonnya menjadi Rp100 juta. Jadi sekali lagi bahwa yang tanpa jaminan dari Rp50 juta dinaikkan menjadi Rp100 juta,” ujarnya.

Jokowi juga meminta agar kredit untuk UMKM yang sebelumnya berkisar antara Rp500 juta-10 miliar ditingkatkan hingga mencapai Rp20 miliar.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menilai, kebijakan penambahan porsi kredit untuk usaha mikro dan perubahan KUR akan dapat mendorong UMKM untuk naik kelas.

“Jadi kita berharap nanti dengan perubahan kebijakan anggaran pembiayaan ini bisa semakin banyak usaha mikro yang naik menjadi kecil, dan kecil ke menengah, dan seterusnya,” ujar Teten.

AYO BACA : Ulama Banten Abuya Uci Meninggal Dunia


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar