Yamaha

8 Pilihan Menu Sahur Simpel Namun Bergizi Jika Bangun Kesiangan

  Rabu, 07 April 2021   A. Dadan Muhanda
Pilhan Menu Sahur saat Bangun kesiangan

AYOCIREBON—Bulan puasa 2021 pada Ramadhan 1442 Hijriyah diperkirakan akan jatuh pada 13 April 2021. Menyambut bulan puasa dan Ramadhan 1442 Hijriyah ada baiknya Bunda persiapkan beberapa ide menu masakan untuk makan sahur keluarga yang bergizi.

Namun, jika Bunda kesiangan atau waktu mepet dan tidak sempat belanja bahan makanan sahur yang lengkap, ada beberapa menu sahur praktis simepl namun tetap bergizi untuk Kamu dan keluarga.

Menu sahur yang sederhana saat waktu mepet juga perlu diantisipasi agar makan sahur Bunda dan keluarga tetap bersemangat sehingga ibadah puasa 2021 pada Ramadhan 1442 Hijriyah ini tetap barokah.

Berikut Ayocirebon,com rangkum 8 Pilihan Menu Sahur Simpel Namun Bergizi Saat Bangun Kesiangan

 

1. Sayur Bening

Menu sahur menggunakan sayur bening merupakan ide bagus saat waktu sahur mepet. Sayur bening saat makan sahur juga bisa menenangkan perut. Rasa hangat dan lembutnya sayur bening yang terdiri dari juga bayam bisa menambah vitamin dan mineral untuk menjalani ibadah puasa.

Cara membuatnya cukup mudah, rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kencur, dan temu kunci. Terakhir masukkan sayur bayam, jagung dan tomat yang sudah dipotong-potong. Bunda bisa menyiapkan menu sahur ini kurang dari 7 menit.

2. Tumis buncis tempe 

Menu Sahur dengan tumis buncis dan tempe juga bisa menjadi pilihan. Apalagi tempe mengandung gizi dan protein nabati yang memadai untuk energi selama puasa 2021.

Bahan menu sahur tumis buncis tempe teridir dari:

AYO BACA : Jadwal Puasa Ramadan dan Puasa Sunnah 2021, serta Kalender Islam 2021

1 papan tempe Ukuran sedang
500 grm buncis (secukupnya)
3 buah cabe merah keriting / besar
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm terasi
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya minyak goreng

Cara membuat 

1. Potong2 tempe kemudian goreng kering angkat tiriskan sisihkan terlebih dahulu

2. Cuci bersih buncis potong2 menyerong

3. Haluskan bawang merah, putih, cabe merah sampai halus kemudian tumis sampai harum dengan minyak goreng secukupnya.

4. Masukan garam, gula terasi dan penyedap aduk rata masukan buncis dan sedikit air aduk rata kalau buncis sudah agak matang masukan tempe yang sudah digoreng kering aduk rata dan cek rasa matikan dan siap di hidangkan.

3. Tempe Orek

Menu sahur berikutnya yang simpel dan murah meriah yang bisa dimasak adalah tempe oreg. Makanan ini berbahan dasar tempe, kecap manis, gula pasir, cabai merah, cabai hijau, dan daun salam.

Kamu bisa memasak tempe terlebih dahulu hingga kering. Lalu, masak bumbu berupa cabai merah, cabai hijau, daun salam dan bawang merah. Campurkan bumbu tersebut dengan tempe serta tambahkan kecap manis dan gula sesuai selera.

4. Ongseng Sayur Tiram

Tubuh memerlukan sayur untuk tambahan gizi, terlebih di waktu puasa. Mengonsumsi ongseng sayur siram yang terdiri dari wortel, jamur, brokoli, sawi putih dan sawi hijau bisa menjadi menu praktis.

AYO BACA : 6 Lafal Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2021 dan Artinya

Cukup ongseng sayur di dalam wajan dan tambahkan saos tiram untuk menambah cita rasa.

5. Ayam Suwir

Bila ingin kenyang lebih lama, makan ayam suwir bisa menjadi jawabannya. Ayam mengandung protein yang tinggi sehingga bisa membuat tubuh merasa kenyang yang lebih lama.

Ada beberapa varian ayam suwir yang bisa dimasak, misalnya tambahan kecap atau sambal merah.


6. Nasi Goreng

Menu sahur mantap lainnya adalah nasi goreng. Orang Indonesia bisa dikatakan tak bisa jauh-jauh dari nasi. Nah, menu ini bisa menjadi rekomendasi yang simple untuk dimasak.

7. Tumis Tahu

Tahu dengan tekstur yang lembut bisa menjadi makanan sahur yang menggugah selera. Apalagi bila tahu dimasak dengan cara ditumis dengan campuran sayur bisa menambah energi.

Gunakan tahu putih atau tahu sutera yang bagus kualitasnya. Tahu bisa dipotong kecil dan goreng agak kering. Tambahkan saus tiram dan sedikit cabae jika suka rasa gurih pedas yang kuat.

 8. Telur Orak-Arik

Menu sahur untuk minggu pertama yang bisa dicoba adalah telur orak-arik. Gunakan mentega atau margarin agar rasanya lebih gurih. Gunakan api kecil, kocok telur lalu tuang ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan hingga menggumpal. Jangan terlalu kering. Setelah beku, angkat segera, taburi merica bubuk dan garam lalu sajikan hangat.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti tomat atau wortel sesuai selera. Atau taburi keju parut sesaat akan disajikan untuk menambah nutrisinya.

 

AYO BACA : 30 Pilihan Menu Buka Puasa 2021 untuk Sebulan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar