bank bjb
  

5 Tips Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan, Jangan Langsung Hajar

  Kamis, 08 April 2021   Rizma Riyandi
5 Tips Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan, Jangan Langsung Hajar
Ilustrasi Menunggu Buka Puasa yang Sehat [Dokumen Republika.co.id]

AYOCIREBON.COM--Berbuka puasa 2021 menjadi momen yang paling ditunggu saat menjalankan ibadah Ramadhan 1442 Hijriyah. Di sisi lain, pilihan menu makanan buka puasa setelah kurang lebih 13 jam berpuasa ternyata penting bagi kesehatan. 

Untuk itu, kita tidak boleh sembarangan memilih menu buka puasa dan harus memilah makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka. Dikutip dari jpost.com, berikut lima hal yang baik dikonsumsi pertama kali saat memilih menu buka puasa. 

1. Minumlah air putih terlebih dahulu
Saat puasa kandungan air dalam tubuh kita turun sekitar 2%. Turunya kandungan air tersebut dapat memicu tanda-tanda dehidrasi, termasuk kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, kelelahan dan sulit fokus. 

AYO BACA : Jadwal Puasa Ramadan dan Puasa Sunnah 2021, serta Kalender Islam 2021

Kenyataannya, dehidrasi ringan adalah salah satu penyebab paling umum kelelahan saat siang ketika darah membawa oksigen ke otak, dan ketika volume darah rendah, karena dehidrasi otak menerima lebih sedikit oksigen dari pada yang diperlukan, yang mengakibatkan kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. 

Jadi, sebelum melahap banyak makanan untuk menghilangkan rasa lapar saat berbuka, pastikan untuk minum segelas atau dua air putih. 

2. Konsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, dan anggur. 
Buah yang mengandung air yang tinggi seperti semangka, anggur, dan melon sebaiknya menjadi santapan pertama saat berbuka. Sebab buah-buah tersebut mudah dicerna tubuh. 

AYO BACA : Niat Puasa 2021 untuk Sebulan dan Sehari

Mungkin buah-buahan tersebut tidak mengenyangkan, tapi bisa dengan cepat menyediakan energi dan nutrisi penting bagi tubuh. 

3. Sayur Sup
Sup mudah dicerna perut. Sementara itu, sayuran akan memberikan pasokan vitamin kepada tubuh terutama vitamin A sampai vitamin E serta banyak mineral penting lainya. 

4.Ubi Jalar
Mengonsumi ubi akan memberikan energi yang cukup tanpa menyebabkan naiknya kadar gula darah. Ubi jalar juga mengandung beta-karoten, vitamin C, dan kalium. 

5. Telur
Selain mudah dicerna dan mudah disiapkan, sebutir telur dapat memasok enam gram protein berkualitas tinggi dan semua sembilan jenis asam amino esensial ke tubuh.

Sementara itu jika Anda ingin menyiapkan menu buka puasa di rumah untuk keluarga selama sebulan, bisa baca disini.

AYO BACA : 8 Pilihan Menu Sahur Simpel dan Bergizi saat Bangun Kesiangan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar