Yamaha

Apa yang Perlu Dipersiapkan Penerima Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan?

  Kamis, 08 April 2021   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Kendati vaksinasi Covid-19 diperbolehkan saat Ramadan, sebagaimana fatwa MUI, namun apa yang perlu dipersiapkan penerima vaksin lantaran tengah berpuasa?

Epidemiolog Universitas Padjadjaran Budi Sudjatmiko menjelaskan, secara medis tidak ada perbedaan perlakuan vaksinasi saat bulan puasa maupun di luar bulan Ramadan.

“Secara medis tidak ada pengaruh dari berpuasa terhadap vaksinasi,” kata Budi saat diwawancarai Kantor Komunikasi Publik Unpad, mengutip laman resmi Unpad, Kamis 8 April 2021.

AYO BACA : Tips Menu Berbuka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Karena tidak ada perbedaan, maka tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti vaksinasi saat berpuasa Ramadan. Peserta hanya perlu istirahat yang cukup dan dipastikan untuk makan yang cukup di waktu sahur.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unpad ini menjelaskan, saat sahur, peserta sebaiknya memakan makanan yang mampu mencukupi kebutuhan gizi, di antaranya mengandung protein yang cukup, makan sayur-sayuran, hingga mengandung lemak yang cukup.

Peserta juga bisa menambah kandungan protein dengan mengonsumsi susu sebagai pelengkap makan sahur.

AYO BACA : Akun Twitter Setkab Dirisak

Perihal risiko munculnya gejala pasca-vaksinasi, Budi mengatakan, jika peserta mengalami gejala-gejala tertentu atau mengalami Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) di vaksinasi tahap pertama, sebaiknya bisa melakukan antisipasi dini.

“Jika peserta ada yang mengalami gejalanya agak parah pas vaksin pertama, mungkin saat vaksin kedua ini perlu dipersiapkan lagi,” kata Budi.

Jika mengalami kondisi seperti lemas atau mengalami dehidrasi,peserta juga bisa mempertimbangkan untuk membatalkan puasa agar tidak mengalami gejala serius.

Selain itu, lanjut Budi, peserta wajib untuk menghubungi narahubung vaksin atau layanan kesehatan terdekat jika mengalami KIPI. “SIlakan menghubungi kontak dokter yang ada di surat vaksinasi,” kata Budi.

AYO BACA : Larangan Mudik tak Perlu Keluar Jika Masyarakat Patuhi Covid-19


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar