bank bjb
  
Yamaha

Makanan Berbuka dan Sahur yang Harus Dihindari dan Wajib Disediakan pada Puasa 2021

  Jumat, 09 April 2021   Rizma Riyandi
Makanan Berbuka dan Sahur yang Harus Dihindari dan Wajib Disediakan pada Puasa 2021
Ilustrasi Berbuka Puasa 2021 dengan Menu Makanan berbuka yang bergizi [shuterstock]

AYOCIREBON.COM—Jadwal Ibadah Puasa 2021 segera datang dan akan jauh pada 13 April 2021. Memasuki bulan Ramadhan 1442 Hijriyah, ada baiknya ini merupakan momentum bagi kamu untuk memperbaiki pola makan.

Ibadah puasa 2021 pada Ramadan ini,  mau tak mau akan mengubah pola makanmu. Kamu yang berpuasa, hanya makan dua kali sehari. Dalam kondisi ini, amat penting memilih makanan yang tepat demi kesehatanmu.

Nah, agar puasa semakin afdal dan tetap sehat, kamu perlu pandai memilah makanan. Berikut melansir Boldsky, beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari saat berpuasa.

Makanan yang harus dimakan

#Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh kaya serat dan karbohidrat. Makanan ini akan membuatmu kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

#Kurma

Mengonsumsi satu hingga dua kurma selama sahur dan berbuka puasa ternyata penting. Kurma mengandung fruktosa alami dan kaya serat yang membantu mempertahankan kadar glukosa.

#Buah dan sayuran

AYO BACA : 8 Menu Sahur Sederhana Saat Bangun kesiangan

Buah dan sayuran wajib dimiliki selama sahur. Kedua makanan tersebut mengandung air, kaya serat, vitamin, kalsium, juga mineral yang dibutuhkan tubuh.

#Nasi

Beras mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Beras akan membantu seseorang untuk menahan rasa lapar.

#Daging tanpa lemak

Menambahkan sedikit daging tanpa lemak ke menu makanan sahur adalah penting. Ini akan membantu menyediakan protein yang dibutuhkan untuk tubuh dan memperlancar metabolisme tubuh.

#Sup

Menjadikan sup sebagai makan pembuka selama sahur atau bahkan untuk berbuka puasa adalah salah satu ide terbaik. Tidak hanya membantu menghidrasi tubuh, tetapi sup juga membantumu untuk mendapatkan kembali energi yang hilang.

#Air

Minum segelas air adalah sesuatu yang perlu dilakukan sebelum memulai makan. Ini membantu menghidrasi tubuh dan memuaskan dahaga.

AYO BACA : Kiat Sahur Ala Edies Adelia, Hindari Makanan Manis Saat Sahur

Makanan yang harus dihindari

#Makanan manis

Makanan manis mengandung banyak kalori dan rendah nutrisi. Menambahkan sedikit makanan yang mengandung gula alami sangat penting, tetapi hindari terlalu banyak makanan manis karena akan membuat seseorang haus dan memberi perasaan kembung.

#Hindari terlalu banyak kafein

Minum terlalu banyak kafein selama sahur akan berdampak buruk, lantaran menimbulkan dehidrasi dan membuatmu lesu. Oleh karena itu, lebih baik menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Hindari makanan yang digoreng

Penting untuk menghindari makanan yang digoreng saat sahur. Sebab makanan tersebut akan membuatmu haus sepanjang hari dan menyebabkan perut kembung.

Hindari makanan asin dan pedas

Menambahkan terlalu banyak makanan asin dan pedas untuk sahur akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh. Pada gilirannya, ini akan membuatmu lebih haus di siang hari.

Sementara itu jika Anda ingin menyiapkan menu buka puasa di rumah untuk keluarga selama sebulan, bisa baca disini.

 

AYO BACA : Tips Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan, Jangan Langsung Dihajar Bro!


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar