bank bjb
  

Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Digelar 12 April 2021, Ini 4 Titik Pemantauan Hilal di Jakarta

  Jumat, 09 April 2021   Aini Tartinia
Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Digelar 12 April 2021, Ini  4 Titik Pemantauan Hilal di Jakarta
Petugas Masjid Al-Musyariin mengamati posisi hilal menggunakan teropong saat Rukyatul Hilal di Jakarta Barat, Selasa (21/7/2020). Pemantauan hilal yang dilakukan menggunakan teropong tersebut memastikan Idul Adha 1441 H jatuh pada 31 Juli 2020. [Republika.co.id]

JAKARTA, AYOCIREBON - Kementerian Agama bakal menggelar Sidang Isbat atau penetapan awal bulan Ramadan 1442 Hijriah pada tanggal 12 April 2021 mendatang. 

Tanggal 12 April sendiri dipilih lantaran pada hari itu bertepatan dengan tanggal 29 Sya'ban, waktu di mana hilal kemungkinan akan tampak.

AYO BACA : Kiat Agar Terbiasa Tahajud dan Keutamaan Shalat Malam

Penetapan awal Ramadan sendiri biasanya dilakukan dengan melihat hilal atau bulan muda yang menandakan awal bulan baru. Proses melihat atau memantau hilal ini disebut dengan rukyatul-hilal.

Metode rukyatul-hilal menjadi metode utama yang digunakan pemerintah. Jika hilal tidak tampak pada saat dipantau, maka bulan Sya'ban akan digenapkan menjadi 30 hari. 

AYO BACA : Jadwal Puasa dan Lebaran 2021 lengkap kalender Islam

Direktur Urusan Agama Islam Kemenag, Agus Salim, Kamis (8/4/2021) menyampaikan, dalam proses rukyatul-hilal ini, pihaknya telah menyebar puluhan pemantau yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Di wilayah DKI Jakarta sendiri ada 4 lokasi pemantauan hilal. Pertama di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta. 

Kedua di Masjid Al-Musyariin Basmol, Kembangan, Jakarta Barat. Ketiga di Pulau Karya, Kepulauan Seribu.

Lalu yang keempat di Masjid Raya KH. Hasyim As'ari, yang terletak di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

"Para pemantau berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait," ujar Agus dikutip dari kemenag.go.id.

AYO BACA : Memasuki Usia 40 Rajin Cek kolesterol untuk Hindari Stroke


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar