bank bjb
  

Digitalisasi Jabar, Emil Ngobrol dengan Menkominfo Atasi Blank Spot Internet

  Sabtu, 10 April 2021   Ananda Muhammad Firdaus
Digitalisasi Jabar, Emil Ngobrol dengan Menkominfo Atasi Blank Spot Internet
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

GARUT, AYOCIREBON.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan mendorong percepatan Jawa Barat sebagai provinsi digital. Salah satunya mengatasi masalah blank spot internet yang masih terjadi di sejumlah titik di Jawa Barat.

Dirinya sudah bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate menyinggung masalah ini.

"Saya udah ketemu Menkominfo. Menkominfo sudah komitmen bahwa pelajaran dari Covid, akses wifi, sinyal itu urgent. Kita pastikan kesuksesan digital ini, karena percuma kalau tidak ada sinyal dari sisi macem-macem," ujar dia usai kegiatan deklarasi TP2DD di Garut, Jumat 9 April 2021.

Upaya pemerintahannya mendorong Jawa Barat menjadi provinsi digital juga dengan membantu pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalitasi Daerah (TP2DD) di kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Sejauh ini baru 10 daerah, termasuk TP2DD Provinsi Jawa Barat yang terbentuk. Lainnya adalah TP2DD Kabupatan Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Banjar, Kota Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Majalengka.

Sementara sisanya, menurut Emil, diperkirakan bakal terbentuk sekira 2-3 bulan. Sejauh ini administrasi masih menjadi kendala pembentukan TP2DD di daerah lainnya.

"Baru 10 yang berhasil mengeluarkan surat bupati dan wali kota. Mudah-mudahan di bulan-bulan berikut bisa menggenapkan di 27 kabupaten kota," katanya.

Dia mengatakan, digitalisasi bukan semata untuk urusan jual beli. Banyak aspek lain yang bisa diberi kemudahan. Namun karena ekonomi masyarakat di Jawa Barat mayoritasnya bertumpu pada UKM, di tengah pandemi Covid-19, pihaknya bakal memaksimalkan digitalisasi untuk urusan ekonomi.

"Karena mayoritas ekonomi Jawa Barat itu UKM, maka tahun ini kita fokus menolong UKM-UKM agar bangkit," kata Emil.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar