bank bjb
  

Sambut Ramadhan, Warga Kuningan Amalkan Tradisi Bedah Setu

  Senin, 12 April 2021   Editor
Sambut Ramadhan, Warga Kuningan Amalkan Tradisi Bedah Setu
Seorang warga memperlihatkan hasil tangkapan ikan saat tradisi bedah Setu Embung Gempol. (dok. Pemkab Kuningan)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Masyarakat Kuningan memiliki tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Tradisi itu tepatnya dilakukan oleh warga Desa Karangmuncang, Kecamatan Cigandamekar, dengan berlomba-lomba menjala ikan dalam tradisi bedah Setu Embung Gempol.

Dengan berbekal jaring, seser dan ayakan, warga antusias mengikuti kegiatan. Mereka tak segan menceburkan diri guna berlomba mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya.

Bermacam jenis ikan didapat warga seperti Nila, Jaer, Kancra, dan lainnya. Bahkan terlihat seorang warga yang sangat senang mendapatkan seekor ikan besar.

Kegiatan bedah Setu Embung Gempol salah satunya bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi warga akibat pandemi Covid-19 menjelang Ramadhan. Setidaknya ikan yang dilepaskan ke kolam sebelum kegiatan berlangsung sampai tiga kwintal.

"Alhamdulillah, melalui bedah setu gempol ini, warga Karangmuncang dapat menikmati ikan untuk menyambut bulan suci Ramadhan," ujar Kepala Desa Karangmuncang Kuswara, mengutip dalam laman Pemkab Kuningan, Senin 12 April 2021.

Namun, ditegaskan, pandemi yang masih berlangsung membuat masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara harus mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah.

Saat kegiatan tersebut, Bupati Kuningan Acep Purnama, sempat membagikan masker kepada warga yang lupa memakainya. Selain mendoakan pandemi Covid-19 agar segera berakhir, protokol kesehatan pun harus giat diterapkan.

"Dengan kegiatan ini ada kebersamaan dan kekompakan di desa Karangmuncang. Semoga dengan kebersamaan ini, desa Karangmuncang semakin maju di segala bidang," ujar Acep.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar