bank bjb
  

Mayoritas Negara Selain Indonesia Putuskan Awal Puasa Besok

  Senin, 12 April 2021   Icheiko Ramadhanty
Mayoritas Negara Selain Indonesia Putuskan Awal Puasa Besok
ilustrasi puasa Ramadan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama (Kemenag) Cecep Nurwendaya mengatakan bahwa mayoritas negara di dunia telah menetapkan awal puasa Ramadan esok hari, Selasa 13 April 2021.

Hal ini dijelaskan Cecep bersamaan dengan pemantauan hilal yang telah dilakukan Kemenag dan beberapa instansi seperti LAPAN dan BMKG. Dia menuturkan bahwa hilal terpantau paling tinggi di Bengkulu.

"Di Indonesia hilal terpantau muncul 2,6 derajat di Jayapura sampai 3,6 derajat di Bengkulu. Hari ini paling tinggi tidak di Aceh, karena kurvanya miring. Dari bulan ke bulan kurva berubah-ubah," kata dia pada Sidang Isbat Awal secara virtual, Senin 12 April 2021.

Selain itu, Cecep menuturkan bahwa hasil keputusan awal Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa Wage 13 April 2021. Hal ini yang dipakai hakim standar Indonesia.

Namun, dia tegas mengatakan harus diuji dan dikonfirmasi melalui siding isbat. Alasan tersebut karena melihat hilal harus menunggu matahari terbenam.

"Setelah laporan ini, Kemenag akan melakukan Sidang Isbat untuk memutuskan apakah posisi isbat yang sudah dilaporkan sudah benar,” ujar dia.

Sidang Isbat akan dilakukan secara tertutup dan kepastiannya akan diumumkan pada 19.30 WIB.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar