bank bjb
  

4 Ide Makanan untuk Sahur Ramadan, Simpel saat Dimasak!

  Senin, 12 April 2021   Editor
4 Ide Makanan untuk Sahur Ramadan, Simpel saat Dimasak!
ilustrasi sahur. (Ayocirebon.com/Attia Dwi Pinasti)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Salah satu hal yang identik dengan Ramadan adalah waktu sahur, yakni waktu dimana kita mengisi perut dengan makanan guna memberikan energi untuk menjalankan ibadah puasa seharian.

Namun sayangnya, beberapa orang sering melewatkan makan sahur hanya karena malas masak atau telat bangun. Nah dengan beberapa menu yang praktis ini, anda tidak perlu lagi melewatkan waktu sahur hanya karena alasan-alasan tersebut.

1.  Frozen Food
Frozen food atau makanan beku cocok untuk anda yang tidak mau repot ke dapur menyiapkan berbagai peralatan masak hanya untuk menyajikan menu sahur. Terdapat banyak varian frozen food, sehingga anda tidak perlu khawatir akan bosan dengan menu yang itu-itu saja.

AYO BACA : Kiat Agar Terbiasa Tahajud dan Keutamaan Shalat Malam

Umumnya frozen food dimasak cukup dengan cara digoreng, namun ada beberapa frozen food yang disajikan dengan cara dikukus maupun direbus. Frozen food yang bisa dijadikan stok menu sahur di antaranya nugget, tempura, sosis, fish stick, french fries, dan chicken wings.

Jangan lupa sesekali tambahkan pula beberapa sayuran rebus atau buah-buahan, agar makanan yang dimakan tetap memiliki gizi yang seimbang.

2.  Oatmeal dan sereal
Biasa digunakan untuk sarapan, oatmeal dan sereal cocok menjadi menu sahur untuk anda yang tidak biasa menyantap makanan berat di pagi hari.

AYO BACA : Tata Cara Sholat Tarawih sesuai Sunnah Rasul

Oatmeal kaya akan gizi karena terbuat dari gandum yang memiliki karbohirat kompleks dan akan membuat anda kenyang lebih lama. Tambahkan beberapa campuran, seperti buah-buahan, madu dan susu rendah lemak untuk membuat menu sahur yang sehat bergizi tinggi.

3.  Makanan Kering
Jika anda terbiasa sahur dengan nasi, maka lauk yang cocok untuk menu sahur praktis adalah makanan kering atau tahan lama. Di antara makanan kering yang bisa disiapkan untuk sahur adalah tempe orek, kentang mustofa, dendeng, abon, dan telur asin.

Khusus untuk tempe orek dan kentang mustofa simpan di tempat yang kedap udara untuk menjaga kerenyahan makanan tersebut. Tempe orek dan kentang mustofa kaya akan rasa, mulai dari pedas, manis, hingga gurih. Sehingga akan terasa nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

4.   Buah-buahan dan Susu
Bagi yang tidak terbiasa sarapan pagi, buah dan susu adalah pilihan yang cocok untuk menu sahur. Selain praktis, dua kombinasi makanan ini juga akan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh selama seharian berpuasa.

Beberapa buah yang cocok untuk dijadikan menu sahur di antaranya pisang, papaya, alpukat, kurma dan apel. Selain buah, untuk memperkaya gizi tidak ada salahnya dibarengi dengan susu. Ini akan memberikan gizi yang lebih lengkap, karena susu mengandung protein dan baik bagi metabolisme tubuh. (Iis Muslimah)

AYO BACA : 30 Pilihan Menu Buka Puasa 2021 untuk Sebulan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar