bank bjb
  

Polda Jabar Sekat Jalur Mudik, Uu Ingatkan Pemda Lakukan Pencegahan Sedini Mungkin

  Rabu, 14 April 2021   Republika.co.id
Polda Jabar Sekat Jalur Mudik, Uu Ingatkan Pemda Lakukan Pencegahan Sedini Mungkin
ilustrasi mudik lebaran. (Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Polda Jawa Barat telah menyiapkan 120 titik penyekatan untuk mengadang pemudik. Sementara itu, Wakil Gubenur Jawa Barat mengingatkan pemerintah kota/kabupaten segera melakukan tindakan pencegahan adanya pemudik sedini mungkin.

Melansir Republika, pos penyekatan tersebut tersebar di daerah yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Ahmad Dofiri mengatakan, implementasi penyekatan dilakukan melalui Operasi Keselamatan Lodaya 2021 yang digelar mulai 12-25 April 2021.

AYO BACA: Larang Mudik, Jabar Sejalan dengan Pemerintah Pusat
AYO BACA: Daftar Daerah Boleh Lakukan Perjalanan di Masa Larangan Mudik Lebaran 2021

Selain jalur mudik, Polda menyiagakan personelnya di objek objek wisata yang kerap menjadi tujuan wisatawan.  "Mereka (wisatawan) yang masuk kawasan objek wisata harus membawa hasil rapid test," kata dia.  

"Kami mengimbau masyarakat agar tak mudik lebaran. Lebih baik masyarakat merayakan lebaran di rumah masing masing saja," tutur dia.

Sementara itu, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan pemerintah kabupaten/kota untuk segera mengambil langkah dalam pencegahan adanya warga yang melakukan mudik. Hal ini sebagaimana kebijakan larangan mudik dari pemerintah pusat.

AYO BACA: Daftar Kendaraan Tak Boleh Operasi saat Masa Larangan Mudik Lebaran 2021
AYO BACA: Bila Publik Sadar Bahaya Covid-19, Larangan Mudik Dinilai Tak Perlu Keluar

Pemprov Jabar telah menyepakati untuk ikut melarang mudik. Karena itu, ia meminta agar pemerintah kabupaten/kota di Jabar agar segera berkoordinasi terkait larangan tersebut.

"Saya minta pemkab dan pemkot segera koordinasi agar tak ada masalah saat pelaksanaan nanti," kata Uu di Tasikmalaya, Rabu, 14 April 2021.

Ia mengingatkan, pencegahan kegiatan mudik harus dilakukan sejak saat ini. Sebab, masyarakat sudah banyak yang mudik, bahkan sejak awal Ramadan. "Harapan kami, jangan ada action setelah mendekati lebaran. Tapi harus dari sekarang," tegas dia.

AYO BACA: Mudik Lebaran Tanpa Pelancong, Pelaku Wisata Harus Pintar Pancing Pengunjung Lokal 
AYO BACA: Pengamat Pesimis Larangan Mudik Bikin Tempat Wisata Ramai 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar