Yamaha

5 Rekomendasi Menu Sahur Bergizi Mudah Dibikin

  Kamis, 15 April 2021   A. Dadan Muhanda
Roti Bakar Salmon bisa dibuat untuk ide menu Sahur [shutterstock]

AYOCIREBON.COM- Variasi  menu sahur yang bergizi dan sehat namun cepat disajikan sangat dibutuhkan agar makan sahur Anda dan keluarga semakin semangat. Sahur menjadi salah satu kegiatan penting yang dilakukan selama Ramadhan agar dapat menjalani ibadah puasa dengan baik. 

Dilansir dari Republika.co.id, Noir Zibdeh, ahli diet integratif dan spesialis kesehatan pencernaan, menyarankan untuk memilih menu sahur dengan makanan seimbang yang menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein dan lemak sehat. Ini penting agar Anda yang bersemangat sepanjang hari. 

Dilansir The Kitchn, Zibdeh merekomendasikan untuk meminum satu atau dua cangkir air  di pagi hari sebelum sahur. Kemudian, konsumsi makanan tanpa air agar tidak membuat Anda kenyang saat makan. 

“Pikirkan kemudian dari mana lagi Anda bisa mendapatkan cairan yang tidak hanya air, seperti melalui buah-buahan dan sayuran,” ujar Zibdeh. 

Menurut Zibdeh, menambahkan sayuran seperti timun menjadi cara mudah. Berikut beberapa resep mudah dan bernutrisi yang bisa dibuat untuk sahur, yang bisa menjadi ide menu sahur karena semuanya dapat disiapkan dengan cepat. 

1. Pancake Ubi Tahini-Maple

pancake-ubi-dengan-saus-tahini-dan-sirup-maple-bisa-210413150645-397

AYO BACA : 30 Pilihan Menu Buka Puasa dan Sahur 2021

Keluarkan satu ubi jalar ukuran sedang yang telah dipanggang dan dinginkan di dalam mangkuk kecil. Tambahkan dua telur dan sedikit garam, tumbuk dan aduk agar tercampur. 

Aduk dua sendok makan sirup maple dan satu sendok makan tahini, sisihkan. Panaskan wajan di atas api sedang, tambahkan 1/4 cangkir adonan, masak selama tiga menit, balik perlahan, kemudian masak tiga menit lagi. Ulangi dengan sisa adonan.

Pancake siap disajikan dengan sepotong apel dan saus tahini-maple. Saus tahini adalah saus kental yang terbuat dari wijen yang digiling.

2. Telur Dadar Bayam dan Feta

telur-dadar-bayam

Kocok dua telur besar, tambahkan sedikit garam dan merica dalam mangkuk kecil. Sisihkan. Lelehkan 1/2 sendok makan mentega tawar dalam wajan panas dengan api sedang. 

Tambahkan satu cangkir bayam, masak hingga lunak. Tambahkan telur, miringkan wajan agar melapisi bagian bawah.

AYO BACA : Link Dwonload Jadwal Puasa 2021 se-Indonesia

Dorong telur yang sudah masak dari tepi ke bagian tengah, beri ruang untuk telur mentah lainnya, masak hingga tepinya mengeras. Isi setengah bagian atas dengan 1/2 cangkir tomat cincang dan 1/4 cangkir keju feta yang dihancurkan. Lipat separuh lainnya di atas isian dan sajikan. 

3. Buncis Cincang

buncis-cincang

Campurkan satu cangkir buncis matang, 1/2 cangkir mentimun cincang, 1/2 cangkir tomat cincang, sedikit air lemon, dan minyak zaitun. Bumbui  dengan garam dan lada hitam yang baru digiling. Taburi dengan 1/2 cangkir keju dan kembali tambahkan sedikit minyak zaitun.

4. Blueberry Walnut Overnight Oats

Campurkan 1/2 cangkir gandum, 1/2 cangkir susu pilihan, 1/4 cangkir blueberry, 2 sendok makan kenari cincang, dan 1 sendok makan biji chia dalam wadah yang dapat ditutup kembali, atau mangkuk. Tutup dan dinginkan semalaman hingga waktu sahur tiba. Aduk sebelum makan.

5. Roti Bakar Alpukat Salmon Asap

roti-bakar-salmon

Panggang sepotong roti gandum dan olesi dengan dua sendok makan greek yogurt tanpa rasa. Taburi dengan 1/2 buah alpukat dan haluskan dengan garpu. Tambahkan dengan tiga iris salmon asap tipis dan beberapa iris mentimun, serta bumbui dengan lada hitam.

 

AYO BACA : Bacaan Doa Sahur Puasa Ramadan 2021


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar