Yamaha

bank bjb Beri Bantuan Dana Rp 5,5 Juta, Begini Faktanya

  Kamis, 15 April 2021   Gelar Aldi S
Tangkapan layar hoaks soal bantuan dana dari bank bjb. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Beredar pesan berantai di Whatsapp berisikan adanya bantuan dana dari Bank Jabar Banten (bjb) Sebesar Rp 5,5 Juta.

Dalam pesan itu disebutkan, persyaratannya adalah cukup mencantumkan dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk satu Kartu Keluarga (KK).

Tak hanya itu, pesan tersebut juga menyertakan link untuk proses pendaftaran. Berikut pesan berantai mengenai isu bantuan dana dari bank bjb:

Bantuan sosial finansial sebesar Rp 5.500.000.

2 NIK untuk 1 KK

AYO BACA : Tes UTBK-SBMPTN Disebut Diundur

Daftar lengkap
https://bankbjb.club/bantuan/?bjb.

Pemeriksaan Fakta

GM Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto menyatakan, pesan berantai yang beredar adalah salah.

Dia menegaskan bank bjb tidak memiliki ataupun terlibat dalam program pembagian bantuan sosial sebagaimana yang tertera di website dan pesan singkat tersebut, dilansir dari liputan6.com.

Cek fakta Ayobandung.com mencoba menglik link yang tertera pada pesan berantai tersebut. Hasilnya, link itu sudah eror (broken link). Tampilan pada situs itu berupa internet positif.

AYO BACA : Ledakan Kilang Minyak Balongan Sebab Teroris

eror

Tak berhenti di sana, cek fakta Ayobandung.com mengunjungi Instagram resmi bank bjb yang telah terverifikasi (centang biru). Di sini, bank bjb membantah dalam video yang diunggahnya sekitar 33 detik, mengenai isu bantuan dana sebesar Rp 5,5 juta yang mengatasnamakan bank bjb.

"Segala bentuk informasi mengenai produk, promo, program, ataupun informasi lainnya seputar bank bjb akan diinformasikan secara resmi pada kontak resmi bank bjb", tulis @bankbjb.

Bagi yang ingin menanyakan seputar bank bjb, pihaknya telah menyertakan kontak-kontak resmi yang dapat dihubungi supaya tidak terkecoh terhadap oknum-oknum yang mengatasnamakan bank bjb.

Berikut kontak resmi bank bjb:

bank bjb call 14049
Twitter, @infobankbjb
Instagram, @bankbjb
Facebook, @bankbjb
E-mail, [email protected]
Situs, www.bankbjb.co.id

Kesimpulan:

Berdasarkan fakta yang terkumpul, maka pesan berantai berisikan adanya bantuan dana dari bank bjb sebesar Rp 5,5 juta adalah hoaks. Hal itu berdasarkan pernyataan resmi dari GM Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, dan bantahan dari pihak bank bjb melalui Instagram resminya.

AYO BACA : Pemilik E-KTP Beroleh Rp 600 Ribu untuk Biaya di Rumah Aja


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar