Yamaha

Warga 3 Desa di Kabupaten Indramayu Ramai-ramai jadi Jutawan

  Kamis, 15 April 2021   Erika Lia
Seorang warga penerima ganti rugi pembebasan lahan untuk proyek Petrochemical Co mplex Jawa Barat. (Ayocirebon.com//Erika Lia)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Warga di 3 desa di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, ramai-ramai menjadi jutawan mendadak.

Mereka diketahui beroleh ganti rugi pembebasan lahan untuk proyek Petrochemical Complex Jawa Barat. Total luas pengadaan tanah proyek Petrochemical Complex di 3 desa seluas 162,12 ha.

AYO BACA : Polda Jabar Belum Ungkap Penyebab Ledakan Kilang Pertamina Balongan

"Jumlah penerima 531 orang, dari Desa Sukaurip, Desa Sukareja, dan Desa Tegalsembadra," kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Indramayu, Ristendi Rahim, Kamis, 15 Apri 2021.

Setiap orang diketahui mendapat ganti rugi beragam, dengan kisaran ratusan juta rupiah sampai Rp3 miliar. Nilai ganti rugi disesuaikan luas areal lahan milik warga yang terdampak, termasuk bangunan maupun tanaman yang ada di atasnya.

AYO BACA : Hindari Kekeringan, Petani di Indramayu Percepat Tanam

Penghitungan ganti rugi ditetapkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). Rencananya, pembayaran ganti rugi berlangsung sampai pekan depan.

"Kami membatasi hanya 55 orang per hari yang menerima ganti rugi," ujarnya.

Dia memastikan, uang ganti rugi langsung masuk ke rekening bank pemilik tanah. Pencairan pun menurutnya tidaklah lama, paling lama hanya 3 jam.

Proyek Petrochemical Complex Jabar di Kabupaten Indramayu sendiri memerlukan lahan seluas sekitar 331,92 ha, yang terdiri dari 2.182 bidang tanah. Selain di 3 desa tersebut, 3 desa di 2 kecamatan terdampak proyek.

Sebanyak 3 desa lain yang terdampak, yakni Desa Balongan dan Desa Majakerta di Kecamatan Balongan, serta Desa Limbangan di Kecamatan Juntinyuat. Di 3 desa ini, proyek tersebut diketahui membawa dampak rumah tinggal dan sejauh ini mereka belum menerima ganti rugi.

AYO BACA : Masuki Ramadan, 7 Kecamatan di Kabupaten Indramayu Zona Merah Covid-19


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar