bank bjb
  

Besaran Zakat Fitrah di Kabupaten Indramayu dan Kewajibannya

  Jumat, 16 April 2021   Erika Lia
Besaran Zakat Fitrah di Kabupaten Indramayu dan Kewajibannya
[ilustrasi] di Kabupaten Indramayu zakat fitrah ditetapkan 2,5 kg beras atau bila diuangkan senilai Rp30.000/jiwa. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Besaran zakat fitrah tahun 1442 H/2021 di Kabupaten Indramayu telah ditentukan.

Ketua Baznas Kabupaten Indramayu, Moh Mudor, didampingi Pelaksana Baznas Bidang Administrasi Umum dan SDM, Aam Susilawati menyebutkan, zakat fitrah ditetapkan 2,5 kg beras atau bila diuangkan senilai Rp30.000/jiwa.

"Pembayaran zakat fitrah sudah dibuka sejak 1 Ramadan dan akan berakhir sampai malam Lebaran," katanya, Jumat, 16 April 2021.

Umat Islam dan DKM dapat membayarkan zakat fitrah masing-masing melalui Unit Pengumpul Zakat di desa masing-masing.

AYO BACA: Memaknai Ramadan, Bulan Puasa Sarana Intropeksi Diri

Ketentuan ihwal zakat fitrah itu dituangkan melalui surat Nomor 451.12/837/Kesra tentang Imbauan Zakat Fitrah, Zakat Maal, Infaq Ramadan, dan Infaq 2000 Tahun 1442 H/2021 M yang ditandatangani Bupati Indramayu, Nina Agustina pada 12 April 2021.

Surat bupati itu menyertakan imbauan Infaq Ramadan bagi aparatur sipil negara (ASN). Bagi ASN golongan I besaran infaq Rp20.000, golongan II senilai Rp30.000, golongan III sebesar Rp50.000, golongan IV sebesar Rp100.000, dan pimpinan Rp150.000.

Secara umum, selain zakat fitrah, umat muslim pula diharap berzakat maal melalui UPZ desa/kelurahan. Baznas Kabupaten Indramayu akan memberikan tanda bukti penerimaan berupa kupon senilai Rp100.000 dan Rp150.000.

Tak hanya uang, lanjut Aam, zakat mal dapat pula berupa hal lain semisal padi. Petani dalam hal ini dapat berzakat mal berupa padi setelah panen.

"Ada juga infaq senilai Rp2.000 bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Nanti kupon tanda terima tetap diberikan," cetusnya.

Infaq dapat dilakukan saat penyerahan zakat fitrah melalui UPZ desa/kelurahan. Baik zakat dan infaq diingatkannya sebagai jalan bagi umat manusia menuju surga.

AYO BACA: Mudik Lokal Dibolehkan, Berikut Daftar Daerahnya 

Kewajiban Zakat Fitrah

Sementara itu, menurut Dr KH Syamsul Yakin, dilansir Republika, spektrum hikmah zakat fitrah menyasar ranah personal dan kehidupan komunal.

Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah, untuk membersihkan orang yang berpuasa dari lontaran kata yang tidak bermanfaat dan kotor, serta untuk memberi makanan kepada orang-orang miskin.” (HR. Abu Daud). Dalam hadits ini, zakat fitrah dapat menambal celah kurang ibadah puasa.

Menurut Yusuf Qaradhawi dalam Fiqhu al-Zakat, zakat fitrah diwajibkannya karena berakhirnya bulan Ramadhan yang dibolehkan berbuka. Syaikh Muhammad bin Qasim al-Ghazi dalam Fath al-Qarib al-Mujib berkata sama,  karena terbenamnya matahari di hari terakhir bulan Ramadhan.

AYO BACA: Wagub Jabar Tidak Ingin Pandemi Jadi Alasan THR Tak Dibayar

Dalam zakat harta yang dikeluarkan adalah hak orang lain pada harta itu. Sedangkan dalam zakat fitrah yang dikeluarkan adalah untuk membayar diri atau badan setiap orang.

Nabi SAW bersabda, “Wajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan, kepada orang yang merdeka, hamba sahaya, laki-laki, perempuan dari kaum Muslimin.” (HR. Bukhari dan Muslim).


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar