Yamaha

Tata Cara Sholat Istikharah: Rakaat, Waktu, dan Cari Tahu Jawaban

  Jumat, 16 April 2021   Republika.co.id
Tata Cara Sholat Istikharah: Rakaat, Waktu, dan Cari Tahu Jawaban. (Pixabay)

AYOCIREBON.COM -- Sholat Istikharah adalah sholat sunah memohon petunjuk pada Allah. Biasanya sholat ini dilakukan saat seorang hamba tengah dihadapkan dengan suatu pilihan atau tengah bimbang untuk mengambil keputusan. 

Berikut Ayocirebon.com sajikan tata cara Sholat Istikharah, terkait rakaat, waktu dilaksanakannya, dan mencari tahu jawabannya, sebagaimana dirangkum dari Republika.

Dari Jabir bin Abdillah dia bercerita Nabi Muhammad SAW mengajari para sahabat melakukan Sholat Istikharah dalam segala urusan, sama seperti dia akan mengajari mereka ayat-ayat Alquran.

Beliau bersabda, "Jika hendak mengambil keputusan, sholat dua rakaat, di luar sholat wajib, lalu ucapkan, 'Ya Allah! sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, memohon ketetapan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon karunia-Mu yang agung. Karena sesungguhnya Engkau berkuasa, dan aku tidak. Engkau mengetahui, dan sedang aku tidak. Engkau mengetahui yang tersembunyi.

Ya Allah, jika Engkau tahu bahwa keputusan ini baik untukku dalam agama, kehidupan, dan akhirat, maka permudahlah bagiku, wujudkan, dan berkati aku melaluinya.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa keputusan ini buruk bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhirat, maka jauhkan urusan itu dariku dan jauhkan aku darinya, maka tetapkanlah kebaikan untuk aku di mana pun itu berada, dan jadikanlah aku orang yang ridha," (HR Al-Bukhari).

Untuk melaksanakan Sholat Istikharah, jangan lupa untuk bersuci dengan berwudhu, lalu sholat dua rakaat, dan lafalkan kata-kata permohonan.

AYO BACA: Tata Cara Mandi Junub, Mandi Wajib saat Puasa Ramadhan 2021

Waktu Sholat Istikharah

Dalam menjalankan Sholat Istikharah dijelaskan perkara kapan waktu pelaksanaan sholat tersebut.

Dalam buku Serba-Serbi Shalat Istikharah karya Syafri M Noor dijelaskan, berdasarkan jumhur (mayoritas) ulama, sholat istikharah tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu alias semena-mena. Karena hakikat dari sholat ini adalah ibadah sunah yang mana Nabi telah melarang untuk melakukan rangkaian ibadah sholat sunah di waktu terlarang.

Ulama dari mazhab Syafii berpendapat bahwa mengerjakan Sholat Istikharah boleh dilakukan kapanpun asalkan tempat untuk mengerjakannya ada di Masjid Al-Haram. Sedangkan ulama Syafiiiyah lainnya mengatakan bahwa Sholat Istikharah bisa dilakukan kapanpun tanpa ada batasan waktunya. Mereka beralasan bahwa sholat ini dianggap sebagai shalat szawat asbab (yang mempunyai sebab) sehingga boleh dilakukan kapanpun.

AYO BACA: Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat, Bacaan Niat dan Doa Selepas Dhuha

Mencari Tahu Jawaban dari Sholat Istikharah

Jawaban tidak selalu hadir melalui mimpi. Petunjuk akan datang dalam bentuk yang lebih halus, di mana setelah dia melakukan sholat, Muslim harus mencoba memutuskan apa yang terbaik, kemudian merasa yakin apa yang akan terjadi adalah yang terbaik. Ia juga bisa meminta nasihat dari orang-orang yang dia percayai.

Petunjuk lain juga bisa datang melalui apa yang dirasakan di dalam hati. Karena hubungan dengan Tuhan adalah hubungan yang sangat melibatkan hati, jiwa, dan pikiran. Petunjuk atau jawaban yang dicari biasanya dapat dirasakan di dalam hati daripada melalui mimpi.

Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha mensucikan keadaan batinnya agar lebih mampu menafsirkan dan menerima hidayah Allah. Aturan umumnya adalah semakin dekat hubungan kita dengan Allah, semakin mudah membaca tanda-tanda yang diberikan-Nya dan memahami petunjuk-Nya.

Dengan ritual ini, seseorang berserah sepenuhnya kepada Allah Ta'ala, menempatkan jiwa dan harapannya di tangan-Nya, dan kemudian berserah diri dalam damai apapun hasilnya nanti.

AYO BACA: Tata Cara Sholat Tarawih 2 Rakaat Salam dan 4 Rakaat Salam Sesuai Sunnah Rasulullah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar