bank bjb
  

IDI Pastikan Dokter Pembuat Konten TikTok Lecehkah Perempuan Bisa Disanksi

  Minggu, 18 April 2021   Idham Nur Indrajaya
IDI Pastikan Dokter Pembuat Konten TikTok Lecehkah Perempuan Bisa Disanksi
Cuplikan video Tiktok seorang dokter yang menuai kecaman karena mengandung unsur pelecehan terhadap perempuan. (Dok: instagram.com/feministevent).

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia Jawa Barat Eka Mulyana memastikan bila oknum dokter yang membuat konten di media sosial TikTok terindikasi melakukan pelanggaran kode etik dapat dikenai sanksi.

Pelanggaran kode etik itu misalnya berkenaan unsur pelecehan terhadap organ reproduksi perempuan."Bisa dikenai sanksi sesuai IDI di mana yang bersangkutan berpraktik," ujar Eka saat dihubungi Ayobandung.com, Sabtu, 17 April 2021.

Sebuah video dokter di media sosial menjadi viral karena ada indikasi yang mengandung unsur pelecehan terhadap perempuan. Dalam video itu, pemilik akun digambarkan sedang membayangkan saat dirinya sedang memeriksa bukaan rahim pada seorang perempuan yang hendak melahirkan.

Video itu pun memperoleh kecaman, dan pihak IDI sudah menerima laporan dari berbagai pihak. Sebagai perwakilan IDI Jawa Barat, Eka menyampaikan bahwa yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran kode etik kedokteran dan dapat dikenai sanksi.

"Perbuatan itu dapat dinilai melanggar kode etik kedokteran. Kepercayaan masyarakat kepada dokter dapat tercoreng oleh salah satu oknum anggotanya," ujar Eka.

Eka pun menyampaikan, pihak IDI akan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan terlepas dari sanksi sosial dari masyarakat yang saat ini sudah menerpa pihak yang bersangkutan.

"Bila terkait etika, yang bersangkutan dapat dikenai sanksi etik berupa teguran supaya ia tidak mengulangi perbuatannya," pungkas Eka.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar