bank bjb
  

Syarat Taubat dan Tanda Diterimanya

  Minggu, 18 April 2021   Republika.co.id
Syarat Taubat dan Tanda Diterimanya
Setiap hamba memiliki dosa. Sudah sepatutnya dosa-dosa yang diperbuat menjadi pemicu untuk bertaubat kepada Allah SWT. (Ayocirebon.com/Irfan Al-Faritsi)

AYOCIREBON.COM -- Setiap hamba memiliki dosa. Sudah sepatutnya dosa-dosa yang diperbuat menjadi pemicu untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Menyadur dari Republika, jaringan Ayocirebon.com, Allah SWT menerima taubat hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Asy-Syura Ayat 25:

"Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Asy-Syura Ayat 25)

Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai,..." (QS At-Tahrim Ayat 8)

Lalu apa saja syarat agar taubatnya diterima Allah SWT? Berikut ini syarat-syarat agar tobat diterima.

AYO BACA : Tata Cara Sholat Istikharah: Rakaat, Waktu, dan Cari Tahu Jawabannya

1. Benar-benar Menyesal
Maksudnya adalah bersungguh-sungguh menyesal telah melakukan dosa, dan bertekad untuk tidak mengulanginya.

2. Memperbanyak Perbuatan Baik
Syarat berikutnya adalah dengan memperbanyak perbuatan baik, dan menghindari berbagai bentuk dosa dan perbuatan buruk.

3. Melaksanakan Sholat Wajib 5 Waktu
Syarat lainnya adalah tidak meninggalkan shalat 5 waktu secara berjamaah di mana hal ini khusus untuk laki-laki dewasa.

4. Sholat 2 Rakaat setelah Wudhu
Tobat yang dilakukan seorang Muslim juga harus diiringi dengan sholat 2 rakat setelah wudhu.

5. Banyak Berdzikir
Dzikir harus terus ditingkatkan, seperti mengucapkan istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan سبحان الله وبحمده sampai ratusan kali. Kemudian ucapkan لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد، وهو على كل شيء قدير hingga ratusan kali.

Tanda Taubat Diterima

AYO BACA : Sholat Dhuha, Bacaan Niat dan Doa Selepasnya

Sementara itu, setidaknya terdapat empat tanda taubat seorang hambat diterima sebagaimana penjelasan ulama Sayyid Muhammad bin Abdi al-Karim, dalam kitab Mausu’ah al-Kisanzan fima Isthalaha ‘alaihi Ahli at-Tasawuf wa Al Irfan.

Tanda pertama, umat tersebut menjauhi segala pertemanan dengan orang yang ahli kemaksiatan atau berbuat kejahatan. Dengan begitu, dia terhindar dari kebiasaan sebelumnya, serta bergaul dengan orang yang saleh, orang yang baik dalam perilaku kehidupannya dengan menjalankan segala perintah Allah SWT, serta menjalin hubungan baik dengan sesama.  

Tanda kedua, umat menjauhi segala perbuatan yang menjurus ke dalam dosa dengan bekal ilmu dan ketaatan. Kesalahan yang dia lakukan sebelumnya bisa terhapus dengan perbuatan baik yang dia lakukan. 

Tanda ketiga, orang yang bertobat akan mencoba untuk mengesampingkan kesenangan duniawi dengan mengambil secukupnya. Ia tidak akan terlena dan selalu membayangkan kesusahan yang akan dialami di akhirat. Dengan membayangkan akhirat dan kondisi di sana, dia menjadi lebih termotivasi agar berhati-hati dalam berbuat, melangkah, dan berbicara. 

Tanda keempat, hamba Allah yang tobatnya diterima akan menggunakan segala anugerah dan kepunyaannya sebagai sarana dalam menjalankan kebaikan dan ketaatan. Harta yang dia miliki nantinya membawa keberkahan dalam hidupnya.

Orang yang mengaku sudah bertobat hendaknya mengalami perubahan dalam perjalanan hidupnya. Dia akan selalu mengarahkan dirinya dalam berbuat kebaikan dan menjauhi perbuatan dosa.

Dia juga tidak ragu untuk membangun tali silaturahim dengan orang-orang yang baik, yang dapat menjadi panutan untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Kesalahan berawal dari ketidaktahuan sehingga penting bagi orang yang sudah bertobat selalu menghadiri kajian agama agar mendapatkan ilmu dan pengetahuan, dan kehidupannya menjadi semakin terarah. 

AYO BACA : Doa Hari Pertama Hingga Hari Kesepuluh Puasa Ramadhan


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar