bank bjb
  

11 Cara Tips Agar Lebih Khusyuk saat Sholat

  Minggu, 18 April 2021   Editor
11 Cara Tips Agar Lebih Khusyuk saat Sholat
Ilustrasi sholat. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Menggapai kekhusyukan dalam sholat memang tidaklah mudah. Namun sebagai seorang hamba, mengupayakannya adalah keharusan.

Dalam sirah diceritakan ada seorang alim bernama Abdullah bin Zubair yang khusyuk dalam sholatnya hingga ketika dilempari batu oleh orang-orang kafir ia tak merasakan apapun. 

Kekhusyukan dalam sholat dapat ditandai ketika kita merasakan sambutan dari Rabbul Izzati, dan merasakan kenikmatan ketika menjalankannya. Bahkan ketika sholat dengan rakaat yang banyak pun tidak terasa melelahkan dan waktu berlalu begitu saja.

Menggapai kekhusyukan dalam sholat tidak hanya sekedar tahu bagaimana tata cara sholat yang baik dan benar beserta bacaannya. Lebih dari itu, ada ikhtiar yang lain yang harus kita tempuh. Hal tersebut seperti yang dipaparkan oleh Ustaz Syaifurrahman El Fati dalam bukunya. Terdapat 12 cara yang ia jelaskan bagaimana meraih kekhusyukan dalam sholat.

1. Paham detail tata cara sholat yang baik dan benar sebagaimana yang diajarkan Rasulullah. Serta mengetahui dasar hukum dari setiap bacaan dan gerakan sholat.

2. Memahami dan menyadari tentang hakikat sholat, keutamaan, dan hikmah-hikmahnya sehingga sholat menjadi sedemikian nikmat dan nyaman.

3. Menjalankan sholat bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban, apalagi beban, namun sebuah kebutuhan.

4. Melantunkan setiap bacaan dalam sholat dengan baik dan benar disertai makhraj huruf dan tajwid yang tepat.

AYO BACA :

5. Hayati, pahami, dan renungkan setiap arti bacaan sholat.

6. Sholat dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.

7. Merasakan keagungan Allah dan menghadirkan segenap perasaan kita ketika hendak atau sedang melakukan sholat.

8. Memperbanyak istigfar dan memohon ampunan kepada Allah.

9. Meninggalkan dosa dan maksiat. Karena maksiat menyebabkan keresahan, kegundahan, meninggalkan noda di hati, sehingga sulit menghadirkan khusyuk dalam sholat.

10. Memohon perlindungan Allah dari segala bisikan dan gangguan setan, agar kita dapat berkonsentrasi dalam sholat.

11. Jauhi dari mengonsumsi hal-hal yang haram, baik makanan, minuman, pakaian, atau pun segala hal yang ditempuh dengan cara haram.

12. Berdoa kepada Allah agar dimudahkan untuk mejalani ketaatan kepada-Nya dan sholat dengan khusyuk.

Sementara itu, dalam sebuah buku perjalanan spiritual yang ditulis oleh Ayasha, dalam menghadap-Nya tanamkanlah bahwa kita bukan siapa-siapa. Tunjukkanlah kelemahan kita, tunjukkan kehinaan kita, jangan ada setitik pun rasa bisa kita, jangan ada setitik pun ke-aku-an kita. Maka Dia akan menyambut kita. (Maswanajih)


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar