Yamaha

Ngaku Nabi Setelah Muhammad, Jozeph Paul Zhang Diburu Polri Meski di Luar Negeri

  Minggu, 18 April 2021   Republika.co.id
Youtuber Joseph Paul Zhang. (google.co.id via Republika)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Mengaku sebagai nabi ke-26 atau setelah Nabi Muhammad SAW, Joseph Paul Zhang bakal diburu Polri.

Penyidik Bareskrim Polri bakal menggandeng interpol untuk menyingkap keberadaan Jozeph Paul Zhang. Pengakuannya ini sebelumnya menjadi viral lantaran pernyataan tersebut diunggah dalam sebuah video di saluran YouTube miliknya.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan pihaknya pun akan menerbitkan DPO untuk Jozeph Paul Zhang.

Kabareskrim mengatakan, pihaknya sejak awal menduga Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak imigrasi yang mengetahui data perlintasan Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

Namun, lanjut Agus, hal itu tidak menghalangi pihaknya untuk mendalami perkara tersebut dan sedang menyiapkan dokumen penyidikan.

"Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri," kata Agus, melansir Republika, Minggu , 18 April 2021,

Agus mengatakan bahwa Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

"Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan," kata Agus.

 Terkait dengan apakah Polri sudah menerima laporan dari masyarakat tentang video viral penistaan agama oleh Jozeph Paul Zhang dengan mengaku nabi ke-26, Agus menjelaskan bahwa penyidik dapat menindak dengan membuat laporan temuan terkait dengan konten intoleran tersebut.

Menurutnya, konten intoleran yang menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat dapat merusak persatuan dan kesatuan dapat ditindak sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kapolri.

MUI Nilai Jozeph Nodai Islam

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan menilai bahwa Jozeph Paul Zhang telah melakukan perbuatan yang menodai agama Islam dengan mengaku-ngaku sebagai nabi ke-26.

"Kami sangat mendukung jajaran Polri untuk bekerja dengan profesional serta melibatkan sejumlah negara jika benar yang bersangkutan sudah tidak berada di Indonesia,’’ kata dia.

Dia pun meminta agar umat Islam tetap tenang dan tidak terprovokasi terhadap pernyataan Jozeph yang videonya cukup viral di media sosial. Apalagi lanjut dia, saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa sehingga membutuhkan kekhusyukan dan tidak terganggu dengan ucapan yang bersangkutan dalam video tersebut.

"Saya berharap semua umat muslim di Indonesia dapat menjaga kesucian bulan Ramadhan, tetap tenang dan mempercayakan pengusutan kasus ini kepada kepolisian,’’ pintanya.

Mengaku Nabi dan Hina Allah

Jozeph sendiri diduga melakukan penistaan agama Islam saat melakukan diskusi daring melalui Zoom yang kemudian diunggah ke saluran YouTube miliknya dengan judul Puasa Lalim Islam. Selain mengaku nabi, ia mengatakan Allah SWT dikurung di Kakbah.

Tak hanya sampai di sana, Jozeph menantang siapa pun untuk melaporkan dirinya kepada pihak berwajib. Ia juga menawarkan imbalan masing-masing sebesar Rp 1 juta kepada lima pelapor pertama.

"Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26 Josep Fauzan meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulan yang maha cabul,” ujar Jozeph dalam video itu.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar