bank bjb
  

Hukum Onani atau Masturbasi dan Berhubungan Badan saat Puasa Ramadhan 2021

  Senin, 19 April 2021   A. Dadan Muhanda
Hukum Onani atau Masturbasi dan Berhubungan Badan saat Puasa Ramadhan 2021
Apakah onani dan masturbasi membatalkan puasa

AYOCIREBON.COM--Keluar air mani dengan sengaja baik melakukan onani berhubungan intim maupun terangsang karena melihat gambar porno membatalkan puasa.

Salah satu yang menyebabkan batalnya puasa adalah keluarnya mani karena hubungan seksual antara suami dan isteri, atau pun karena usaha dengan tangan sendiri (onani/masturbasi). Lalu, kalau seandainya air mani tersebut 'keluar sendiri' karena mimpi basah apakah juga membatalkan puasa?

Seorang ulama besar Universitas Al-Azhar Kairo Mesir Syekh Ali Jum’ah menjelaskan, mimpi basah pada siang hari bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa seseorang. 

Mereka yang mengalami mimpi basah bisa segera mandi junub dan meneruskan puasanya hingga Magrib. “Puasanya diteruskan sampai waktu Magrib, dan dia tidak berkewajiban membayar utang puasa,” tulis Syekh Jum’ah dalam bukunya Syekh Ali Jum’ah Menjawab 99 Soal Keislaman dilansir NU.or.id.

Mengutip sebuah hadist Nabi Muhammad, Syekh Jum’ah berpendapat bahwa orang yang sedang tidur tidak terkena khitab (aturan) Allah, sebagaimana anak kecil dan orang gila. Ketiga orang tersebut tidak dinilai berdosa ketika berbuat sebuah kesalahan sampai mereka terbangun (bagi orang yang sedang tidur), menjadi dewasa (bagi anak-anak), dan sehat kembali (bagi orang gila). “Orang berpuasa yang mengalami mimpi basah ketika tidur siang tidak berdosa,” jelasnya. 

 

AYO BACA : Tata Cara Mandi Junub, Mandi Wajib saat puasa Ramadhan

Adapun, Saiyid Mahadhir dalam bukunya berjudul Batalkah Puasa Saya? menjelaskan, jika seseorang keluar mani lewat mimpi itu tidak batal. Ini berdasarkan salah satu hadits Rasulullah. Rasulullah SAW bersabda,

 

ثَلاَثٌ لاَ يُفْطِرْنَ الصَّائِمَ : الْحِجَامَةُ وَالْقَيْءُ وَالاِحْتِلاَمُ

 

”Tiga hal yang tidak membuat batal orang yang berpuasa: Berbekam, muntah, dan mimpi (hingga keluar mani),” (HR At-Tirmizi).

 

AYO BACA : Apakah Mimpi Basah Siang Hari Membatalkan Puasa?

 

Oleh karena itu, bagi mereka yang mimpi basah setelah bangun dari tidur segera melakukan mandi wajib agar tetap bisa melaksanakan ibadah lainnya, misalnya salat atau membaca Al-Qur'an.

 

Pendapat lain mengatakan batalnya puasa seseorang karena keluar mani bisa dilihat dari beberapa faktor. Gus Muhammad Ulil Albab Djalaluddin mengatakan keluarnya sperma di siang hari selama puasa Ramadan bisa membatalkan jika dilakukan dengan sengaja.

 

“Contoh yang sengaja itu di siang hari suami istri berhubungan badan ya batal. Bisa tidak batal kalau mereka lupa, tapi itu jarang sekali,” kata Gus Muhammad dalam kajian Ngaji Kitab Maqasidush Shaum karya Syekh 'Izzudin bin Abdissalam di kanal Youtube NU Online.

 

Jadi, jika keluar mani karena mimpi basah, maka puasanya tidak batal. Keluarnya mani itu juga tidak batal apabila seseorang melihat gambar perempuan misalnya dengan catatan itu tidak menjadi kebiasaannya.

“Melihat gambar atau perempuan lalu keluar mani tidak membatalkan puasa apabila tidak menjadi kebiasaan. Tapi kalau sudah jadi kebiasaan setiap melihat gambar atau menghayal keluar mani ya batal,” ujar dia. 

AYO BACA : Membiarkan Tetangga Lapar saat Kita Kenyang, Begini kata Rasulullah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar