bank bjb
  

Aman Ketimbang Petasan, Belesong Mainan Tradisional untuk Ngabuburit

  Senin, 19 April 2021   Dede Nurhasanudin
Aman Ketimbang Petasan, Belesong Mainan Tradisional untuk Ngabuburit
Anak-anak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ngabuburit dengan memainkan belesong. (Ayopuwakarta.com/Dede Nurhasanudin)
PURWAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Waktu sudah menunjukan sore. Anak-anak di Kampung Babakan, Desa Benteng, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bergegas menuju area persawahan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Dalam istilah lokal mereka menyebutnya ngabuburit.
 
Rupanya mereka ngabuburit tidak hanya sekedar bercengkrama semata, melainkan memainkan permainan tradisional belesong.
 
Belesong ini terbuat dari kaleng bekas yang disambungkan menggunakan lakban hingga mencapai panjang diperkirakan setengah sampai satu meter.
 
Diujung belesong itu ditambah bekas botol air mineral ditambah magnet korek api gas sebagai bahan peledaknya.
 
"Rame dan suaranya juga sangat keras, setiap Ramadan memang suka main belesong menunggu waktu berbuka puasa," ujar salah seorang anak bernama Alfin (12), Senin, 19 April 2021.
 
Alfin ngabuburit memainankan belesong tidak sendiri, melainkan bersama teman-temannya. Saling beradu kencang suara belesong membuat permainan ini semakin mengasyikan.
 
Mereka menilai permain tradisional ini lebih aman dibandingkan petasan karena tidak mengeluarkan percikan api dan hanya menghasilkan suara saja.
 
"Gak mau kalau main petasan karena takut kena tangan. Kalau ini (belesong) lebih aman karena tidak mengeluarkan percikan api," ujar Ihsan (8) anaķ lainnya.
 
Sementara, salah seorang orang tua anak yang memainkan belesong  Ela Nurlaela (35) mengaku mengizinkan anaknya memainkan belesong dibanding petasan.
 
"Para orangtua di sini juga mengizinkan, bahkan belesong ini dibuatkan oleh orangtuanya masing-masing," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar