bank bjb
  
Yamaha

Menu Sahur dan Buka Puasa Khas Sunda, Coba Yuk!

  Selasa, 20 April 2021   Editor
Menu Sahur dan Buka Puasa Khas Sunda, Coba Yuk!
Menu Sahur dan Buka Puasa Khas Sunda, Coba Yuk!

AYOCIREBON.COM -- Esok hari sudah memasuki pekan kedua Ramadhan, daftar menu sahur dan buka puasa semakin menipis. Tidak sedikit para ibu yang mulai kebingungan dan mencontek resep-resep untuk dijadikan makan sahur.

Biasanya tampilan masakan untuk sahur dibuat semenggoda mungkin agar anggota keluarga bersemangat menjalankan salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan tersebut. Berikut beberapa list menu pilihan khas Sunda yang dapat dijadikan santapan sahur dan puasa keluarga.

1. Sayur asem, tempe dan sambal korek
Kombinasi ketiga makanan ini jika disajikan dalam satu meja makan akan sangat menggugah selera. Sayur asem yang disantap ketika panas akan memberi cita rasa yang tidak bisa terkalahkan, belum lagi ditambah tempe goreng yang dipadukan dengan sambal korek. Para ibu harus segera mencoba ketiga jenis makanan ini sahur nanti!

2. Belut bumbu cabai
Jika Anda penyuka belut, maka resep ini patut dicoba. Agar tidak terlalu bau amis, belut dapat dilumuri terlebih dahulu oleh jeruk nipis, lalu didiamkan selama beberapa menit. Meski nampak seperti ular dan menjijikan, namun daging belut memiliki kandungan seperti mineral, protein, hingga zat besi.

3. Urab
Bukan orang Sunda namanya jika tidak kenal dengan makanan yang kaya akan sayuran ini. Jika Anda adala seorang vegetarian, maka urab dapat menjadi menu sahur. Beberapa jenis urab dapat kamu coba resepnya di setiap sahur, seperti urab sampeu atau urab iwung.

Meski menjadi makanan ‘mahal’ karena merupakan makanan yang sehat, bahan-bahan urab tidaklah sulit atau menguras kantong. Bahkan jika Anda menanam pohon singkong atau pohon pepaya, daunnya dapat dijadikan bahan utama pembuatan urab.

4. Ikan asin cumi
Jenis makanan pendamping nasi ini tidak perlu banyak bumbu, sekedar digoreng dengan kematangan merata saja, aroma dan rasanya akan terasa nikmat di lidah.

5. Tumis oncom leunca
Oncom merupakan salah satu jenis makanan yang murah dijual di pasaran. Sehingga dewasa ini ada beragam inovasi makanan yang terbuat dari oncom. Selain tutug oncom, resep tumis oncom leunca juga bisa dimasukkan ke dalam daftar menu sahur Anda.

Rasanya yang gurih akan berpadu dengan buah lenuca yang cenderung agak pahit, namun justru sensasi rasa keduanyalah yang membuat makanan ini menjadi enak. (Ghina Tsuroya)


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar