bank bjb
  

THR 2021 Karyawan Swasta, Cara Hitung Besaran dan Jadwal Cair

  Kamis, 22 April 2021   Handy Dannu Wijaya
THR 2021 Karyawan Swasta, Cara Hitung Besaran dan Jadwal Cair
ilustrasi -- Pencairan THR 2021 Karyawan Swasta. (Antara)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Semua pekerja berhak mendapatkan tunjangan hari raya atau THR 2021, tak terkecuali para karyawan swasta. Pembayaran THR 2021 Karyawan swasta oleh perusahaan adalah kewajiban yang sudah diundang-undangkan. Bahkan ketika perusahaan tidak mampu.

Hal ini sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembayaran THR 2021 Karwayan Swasta.

Sesuai ketentuan itu, THR Keagamaan diberikan kepada: 

  • Pekerja / buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus atau lebih.
  • Pekerja / buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Artinya karyawan swasta pun berhak mendapatkan THR, tak hanya PNS, Polri, atau TNI alias para pegawai negara.

Bagaimana cara menghitung besaran THR karyawan swasta?

Merujuk aturan kementerian, karyawan swasta yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, bisa mendapatkan THR 2021 dengan hitungan gaji / upah 1 bulan penuh.

AYO BACA: Besaran dan Waktu Pencairan THR PNS dan THR Pensiunan untuk Lebaran 2021

Sementara untuk karyawan swasta yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan namun telah melampaui waktu 1 bulan masa kerja, diberikan THR secara proporsional sesuai rumus perhitungan masa kerja / 12 x 1 (satu) bulan upah.

Cara menghitung THR pekerja di bawah perjanjian kerja harian

Bagi mereka upah 1 bulan dihitung sebagai berikut:

  • Pekerja / buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.
  • Pekerja / buruh yang telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Jadwal Cair THR 2021 Karyawan Swasta

Jadwal cair THR karyawan swasta sama seperti untuk pekerja lainnya. Ini sebagaimana surat edaran tentang pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya keagamaan tahun 2021 bagi pekerja / buruh yang diterbitkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

AYO BACA: Jaga Ketahanan Ekonomi, Pemerintah Bahas THR, Bansos, hingga Belanja Online Gratis Ongkir

Dalam surat edaran tersebut, dinyatakan bahwa THR 2021 cair maksimal atau paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Bila merujuk  hari raya idulfitri 2021 yang ditetapkan Muhammadiyah jatuh pada 13 Mei 2021, maka THR 2021 utnuk pekerja swasta maksimal harus dibayarkan atau cair dari kas perusahaan pada 6 Meti 2021.

THR 2021 mesti dibayarkan, meskipun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Hal ini karena telah ada aturan tentang kewajiban membayarkannya. Kalaupun perusahaan tidak mampu membayar THR, maka sebaiknya dilakukan dialog antara perusahaan dan karyawan.

Ida Fauziyah, beberapa waktu lalu mengatakan, jika perusahaan tidak bisa membayarkan THR karyawan secara penuh atau tepat waktu, maka perlu dilakukan kesepahaman antara keduanya. Kesepahaman itu dibangun melalui dialog dialog tripartit yang dilaksanakan dengan itikad baik secara kekeluargaan. Dialog itu melahirkan solusi yang tertulis dan memuat kesepatan di antara perusahaan dan karyawan terkait waktu pembayaran THR.

AYO BACA: Kemnaker Buka Posko Aduan THR 2021

Perusahaan juga harus transparan melaporkan keadaan keuangan internal sehingga muncul kepercayaan antara perusahaan dan pekerja.  Namun kesepatan itu tidak menghilangkan kewajiban perusahaan untuk membayar THR 2021 kepada karyawannya. "Selanjutnya hasil kesepakatan dilaporkan kepada Dinas Ketenagakerjaan setempat," kata Ida.  


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar