bank bjb
  

Bacaan Doa Hari Ketigabelas Puasa Ramadhan 2021

  Jumat, 23 April 2021   A. Dadan Muhanda
Bacaan Doa Hari Ketigabelas Puasa Ramadhan 2021
Ilustrasi doa Hari Ketigabelas Puasa 2021 / Ramadhan 1442 H [seputarnu.com]

AYOCIREBON.COM—Puasa Ramadhan 2021 akan memasuki hari ketigabelas pada hari Minggu 25 April 2021. Hari ketigabelas puasa 2021 Ramadhan 1442 Hijriyah termasuk dalam 10 hari kedua dibulan Suci Ramadhan. Di hari ketigabelas ini ada doa khusus yang biasa dipanjatkan umat muslim.

Berikut doa Hari ke-13 dilansir dari Seputarnu.com

Doa Hari Ketigabelas Puasa Ramadhan

اَللَّهُمَّ طَهِّرْنِيْ فِيْهِ مِنَ الدَّنَسِ وَ الْأَقْذَارِ وَ صَبِّرْنِيْ فِيْهِ عَلَى كَائِنَاتِ الْأَقْدَارِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِلتُّقَى وَ صُحْبَةِ الأَبْرَارِ بِعَوْنِكَ يَا قُرَّةَ عَيْنِ الْمَسَاكِيْنِ

Allâhumma thahhirnî fîhi minaddanasi wal aqdzâr wa sabbirnî fîhi ‘ala kâinâtil aqdâri wawaffiqnî fîhi littuqâ wa suhbatil abrâr bi’aunika yâ qurrata ‘ainil masâkîn

Artinya :

Ya Allah.. Mohon sucikanlah diri kami di bulan ini dari segala nista dan perbuatan keji. Berilah aku kesabaran atas apa yang telah Engkau tetapkan. Anugerahkan kepada kami ketakwaan dan persahabatan dengan orang-orang yang baik dengan pertolongan-MU, Wahai cahaya hati orang-orang yang miskin

 

AYO BACA : Tata Cara Sholat Tarawih 2 Rakaat Salam dan 4 Rakaat Salam sesuai Sunah rasul

Tingkatkan Amalan di hari ke-13 puasa Ramadhan

Bulan suci Ramadan diyakini setiap Muslim merupakan momen yang spesial untuk meraih ampunan Allah SWT. Setiap perbuatan baik disebut akan diberi ganjaran yang berlipat-lipat dibanding bulan-bulan yang lain.

Namun amalan apa saja yang biasanya dilakukan Rasulullah SAW saat Ramadan? Bagaimana memaksimalkan Ramadan di tengah sifat malas atau sulitnya istiqamah dalam beramal?

Berikut penjelasannya menurut Pendiri Yayasan Askar Kauny Ustaz Bobby Herwibowo dikutip dari Republika (jaringan Ayobandung,.com): 

Tingkatkan kualitas puasa

Puasa diketahui setiap Muslim sebagai ibadah yang menahan lapar, minum hingga berhubungan badan. Namun untuk menjadikan puasa lebih spesial, kata Ustaz Bobby, harus berusaha lebih dari definisi fiqih tersebut. Puasa seseorang dikatakannya akan lebih spesial, jika menahan semua hal yang bisa mendatangkan murka Allah SWT.

“Untuk mendapatkan ganjaran spesial, kualitas ibadah saumnya harus ditingkatkan. Semua hal yang bisa mendatangkan murka Allah, meskipun secara fiqih tidak membatalkan puasa, seperti menahan diri dari berkata dusta atau menahan diri dari perkataan yang tidak bermanfaat harus dilakukan,” katanya, Rabu (14/4).

Perintah meninggalkan dusta saat berpuasa, disebutkan dalam hadis Nabi SAW berikut:

AYO BACA : 5 Pemberiaan Istimewa dari Allah Khusus di Bulan Puasa untuk Umat Nabi Muhammad

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari).

Perbanyak sedekah dan membaca Alquran

Menurut Ustadz Bobby, Rasulullah SAW dalam beberapa riwayat selalu memperbanyak sedekah saat Ramadan. Seringnya Nabi SAW dalam bersedekah saat Ramadan bahkan diumpamakan seperti hembusan angin yang bertiup dengan mudahnya.

Nabi Muhammad SAW juga akan semakin sering membaca Alquran saat Ramadan. Semua amalan ini ada dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas RA:

Dari Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan. Dan kelembutan Beliau yang paling baik adalah saat bulan Ramadan ketika Jibril alaihissalam datang menemui Beliau. Dan Jibril 'alaihissalam datang menemui Beliau pada setiap malam di bulan Ramadan (untuk membacakan Alquran) hingga Alquran selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Apabila Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau, maka Beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus". (Sahih Al-Bukhari).

Memperbanyak taqarub kepada Allah

Amalan lain yang perlu dilakukan saat Ramadan adalah memperbanyak taqarub atau mendekatkan diri kepada Allah. Ustadz Bobby menyebut, setiap Muslim diharapkan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan menghiasi malam-malam Ramadan dengan sholat malam hingga berzikir kepada Allah SWT.

Itikaf

Itikaf menjadi amalan spesial lainnya yang dianjurkan saat Ramadan. Ibadah ini sangat dianjurkan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan untuk meraih lailatul qadar.

AYO BACA : Doa Puasa Hari ke-11 dan ke-12 Puasa Ramadhan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar