bank bjb
  

Doa Hari Keempatbelas / ke-14 Puasa Ramadhan 1442 H

  Senin, 26 April 2021   Handy Dannu Wijaya
Doa Hari Keempatbelas / ke-14 Puasa Ramadhan 1442 H
Doa hari keempat belas ke-14 Puasa Ramadhan 1442 H

AYOCIREBON.COM— Puasa Ramadhan 1442 Hijriyah  memasuki hari Keempatbelas / ke-14 atau keempatbelas pada hari Senin 26 April 2021. Doa hari keempatbelas Puasa Ramadhan merupakan hal yang harus diamalkan untuk melengkapi shaum yang dijalani.

Hari keempatbelas puasa Ramadhan termasuk dalam 10 hari kedua di bulan Suci Ramadhan. Di hari keempatbelas ini ada doa khusus yang biasa dipanjatkan umat muslim. Berikut doa Hari ke-14 dilansir dari Seputarnu.com

Doa Hari Ke-14 / Keempatbelas Puasa Ramadhan 1442 H

اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ فِيْهِ بِالْعَثَرَاتِ وَ أَقِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَ الْهَفَوَاتِ وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ فِيْهِ غَرَضًا لِلْبَلايَا وَ الآفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya :

Ya Allah. Mohon Janganlah Engkau tuntut dari kami di bulan ini semua kesalahan yang aku lakukan. Hapuskan seluruh kesalahan dan kebodohanku. Hindarkan aku dari bencana dan malapetaka. Demi kemuliaan-MU, Wahai sandaran Kemulian kaum Muslimin

Selain Doa, Lengkapi Dengan Dzikir

Berdzikir atau mengingat Allah SWT adalah amalan yang dianjurkan di setiap kesempatan. Namun, dzikir pada waktu pagi dan petang menjadi amalan yang waktu dan anjurannya disebutkan secara jelas dalam Alquran. 

Allah juga memerintahkan untuk berdzikir, memohon ampun dan bertasbih kepada-Nya pada pagi dan petang. Allah berfirman:

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosa mu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi,” (QS. Ghafir: 55).

Kapan Waktu Dzikir Pagi dan Petang?

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail. Dan duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud).

Dari hadits tersebut, dijelaskan keutamaan dzikir pagi dan petang yang lebih besar dari memerdekakan empat orang budak. Hadits ini juga menjelaskan waktu dzikir pagi adalah sejak sholat subuh hingga terbit matahari. Sementara waktu dzikir petang adalah dari sholat ashar hingga terbenamnya matahari untuk melengkapi Doa hari keempatbelas Puasa Ramadhan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar