bank bjb
  
Yamaha

Ini 6 Cara Cek Penerima Bansos Terbaru New DTKS

  Senin, 26 April 2021   Aini Tartinia
Ini 6 Cara Cek Penerima Bansos Terbaru New DTKS
Penyerahan bansos (Dokumen Ayobandung)

AYOCIREBON.COM - Pemerintah sampai detik ini masih terus mengucurkan dana bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Sebagai informasi, untuk mengetahui penerima bansos, kamu bisa cek melalui laman yang disediakan pemerintah bernama Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Dalam aplikasi berbasis web tersebut, masyarakat bisa melihat daftar bansos yang dibagikan pemerintah, termasuk penerimanya.

Namun belum lama ini, web DTKS sempat mengalami perbaikan. Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini mengatakan, sepanjang Maret 2021, DTKS telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS yang memuat data terbaru penerima bansos.

Hal itu diungkapkan Risma dalam jumpa pers peluncuran "New DTKS" di Kantor Kemensos RI, Rabu 21 April 2021.

Melansir laman kemensos.go.id, data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan dan atau masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web Kemensos.

Berikut langkah-langkahnya:

AYO BACA : Daftar Bantuan PKH 2021 yang Cair 2021 dan cara Cek Penerima

1. Kunjungi website http://cekbansos.kemensos.go.id

2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat kamu tinggal

3. Ketikkan nama kamu sesuai KTP

4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru

6 . Lalu klik tombol cari

Sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

AYO BACA : Cara Cek Penerima Bansos PKH 2021 dari Kemensos

"Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya," kata Risma.

Transparansi penyaluran bansos

Ke depan, DTSK akan ditetapkan sekurang-kurangnya setiap bulan untuk memastikan integritasnya dan mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Kemensos berharap aplikasi ini dapat memenuhi hak Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial.

"Fitur dan kemampuan aplikasi cek bansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat," ujar Risma.

Pengembangan fitur berikutnya mencakup pula usulan baru dan sanggahan atas kepantasan penerima bantuan sosial usulan baru tersebut akan melalui proses verifikasi dan validasi pemerintah daerah guna tetap mendapat tetap menjaga integritas data.

Apabila terdapat sanggahan, Kemensos dapat mengundang perguruan tinggi untuk melakukan proses pengendalian mutu.

Risma juga mengungkapkan sebanyak 21,156 juta data ganda telah dinonaktifkan.

"Kami telah "menidurkan" data ganda sebanyak 21,156 juta. Jadi, kami meminta agar daerah segera mengusulkan nama-nama penerima bantuan. Masukan data baru kami buka karena kan ada yang meninggal, ada yang pindah, dan sebagainya," ungkapnya.

AYO BACA : Ibu Hamil Dapat Bansos PKH dari Kemensos Rp 250.000 per bulan, Begini Cara Daftarnya


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar