Yamaha

Bintang Jasa Jalasena Penghargaan Untuk 53 Prajurit Awak Kapal KRI Nanggala 402

  Senin, 26 April 2021   Handy Dannu Wijaya
Kapal Selam KRI Nanggala-402 saat tengah bersandar di pelabuhan Indah Kiat di Merak, Banten. [suara.com]

AYOCIREBON.COM -- Bintang Jasa Jalasena diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada 53 Prajurit TNI AL yang gugur dalam tragedi tenggelamnya KRI Nanggala 402 sebagai penghargaan. Penghargaan tersebut kata Jokowi diberikan atas pengabdian dan pengorbanan prajurit yang gugur dalam bertugas. 

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut," ujar Jokowi dalam jumpa pers dinukil dari Suara.com (jaringan Ayobandung.com), Senin 26 April 2021.

AYO BACA : Daftar 53 Awak kapal KRI Nanggala 402

Mantan Gubernur DKI itu juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, KNKT dan  seluruh unsur lainnya yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala-402.

"Terima kasih dan penghargaan dan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402," katanya.

AYO BACA : Foto terakhir 53 Kru dan Awak Kapal KRI Nanggala 402

Dalam tragadi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402, sebanyak 53 prajurit TNI dinyatakan gugur.  Hal ini dikatakan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu petang.

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo. Dalam jumpa pers di Bali, Sabtu (24/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan status KRI Nanggala-402 telah menjadi subsunk (tenggelam) setelah tim pencari melakukan pencarian selama 72 jam.

Awak Kapal KRI Nanggala 402 Sempat Melakukan Foto

Foto terakhir 53 Kru dan Awak Kapal KRI Nanggala 402

Beberapa hari sebelum berangkat latihan di perairan Bali, sejumlah kru atau awak kapal selam KRI Nanggala-402 dan beberapa senior eks kru Nanggala berfoto bersama di Banyuwangi, Jawa Timur.

Foto beberapa kru dari 53 Awak kapal dan ABK Kapal Selam KRI Nanggala 402 beredar di media. Pertemuan di Banyuwangi itu membahas latihan penembakan torpedo yang akan mereka jalani. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda I Nyoman Gede Sudihartawan, Selasa 20 April mengatakan, KRI Nanggala-402 melakukan latihan penembakan torpedo SUT (surface and underwater target) kepala latihan dan kepala perang.
 

AYO BACA : Cerita Pilu Awak KRI Nanggala 402: Kalau Sudah Nyelam Anggap Sudah Mati


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar