Yamaha

Ini Dia Alasan Teman gak Datang Acara Buka Bersama

  Selasa, 27 April 2021   Handy Dannu Wijaya
Ini Dia Alasan Teman gak Datang Acara Buka Bersama

Ayocirebon.com -- Buka bersama merupakan ritual yang selalu ada ketika ramadan datang. Undangan acara ini datang dari berbagai golongan mulai dari teman SMP, SMA hingga dari kawan lama yang kabarnya saja tak pernah santer terdengar. 

Tapi, dalam setiap undangan itu ada saja beberapa nama yang kerap kali tidak pernah datang. Adapun mereka yang datang, hanya sebagai pengisi acara pembuka saja. Saat acara inti, dia sudah hilang. Ada juga yang pernah datang, tapi ketika acara tahun selanjutnya dia tak pernah terlihat.

Berbagai alasan muncul seperti kerja lembur, sedang berada diluar kota, anak tidak bisa ditinggal atau sedang bentrok dengan acara lain. Padahal sebenarnya ada alasan lain lho kenapa teman kita tidak datang pada acara buka bersama ini.

Pertama, acara buka bersama hanya sebagai kedok untuk saling memamerkan prestasi maupun pencapaian. Selain itu, pertemuan yang awalnya untuk mempererat tali silaturahim malah menjadi ajang pamer ini itu. Kadang, hal ini yang membuat orang menjadi malas untuk datang ke undangan seperti ini.

AYO BACA : 5 Tips Menu Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan, Jangan Langsung Hajar

Kedua, kisah cinta yang kandas menjadi alasan lain. Mantan yang telah menemukan pengganti atau si dia yang dulu pernah ada dihati kini tak lagi menjadi arti. Untuk beberapa orang mungkin sudah dapat melupakan luka dan iri hati, tapi bagi sebagian orang ini menjadi pembuka luka lama yang telah sembuh dan mengering.

Ketiga, acara yang monoton menjadikan beberapa orang malas untuk datang. Hanya membicarakan hal-hal yang hanya diketahui segelintir orang, membahas pekerjaan yang tidak dimiliki orang lain, hingga membicarakan aib seseorang menjadikan orang enggan datang ke undangan. Banyak yang datang ingin menikmati kebersamaan dalam waktu yang sempit, tapi kebanyakan waktu itu digunakan untuk membicarakan hal yang tidak sepatutnya.

Membuat Acara Buka Bersama Lebih Menarik

buka bersama lebih menarik

Bagaimana membuat acara buka bersama lebih menarik dan lebih indah ? Mungkin anda bisa mencoba membalutnya dengan kajian yang sekiranya bisa membangun satu sama lain. Tidak membahas masa lalu dan ego saat ini. Serta yang paling penting adalah tidak menimbulkan efek "negatif" untuk acara tahun sebelumnya dengan cara mengubah pola fikir bahwa bertemu untuk saling menyapa bukan untuk ingin disapa. 

Cara lainnya adalah dengan membuat run down acara yang jelas sehingga waktu tidak terbuang habis sia-sia. Dengan jadwal yang jelas, acarapun akan lebih terarah. Dengan begitu, diharapkan menimbulkan efek positif bahwa buka bersama adalah ajang melatih diri dalam kedisiplinan bukan ajang pamer kelebihan. (red)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar