bank bjb
  

Sedekah Ramadhan Bisa Bawa 5 Keberkahan Ini

  Selasa, 27 April 2021   Editor
Sedekah Ramadhan Bisa Bawa 5 Keberkahan Ini
ilustrasi sedekah. (Ayocirebon.com/Ananda M Firdaus)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Bersedekah jadi satu di antara sekian ajaran agama yang patut dilakukan setiap orang. Termasuk saat puasa Ramadhan, amalan ini lebih dianjurkan lagi.

Sedekah adalah salah satu pintu yang Allah buka untuk meraih keuntungan besar di bulan Ramadhan. Dermawan dan pemurah sejatinya adalah akhlak yang harus dimiliki seorang muslim. Bahkan Rasulullah SAW memberi contoh kepada umatnya untuk senantiasa menjadi orang yang dermawan.

AYO BACA : Indonesia Masuk Deretan Negara Terbanyak Lakukan Vaksinasi Covid-19

Dalam sebuah hadist, kedermawanan Rasul saat Ramadhan diibaratkan melebihi angin yang berembus. Artinya ketika bersedekah, Rasul sangat ringan, cepat, dan tanpa banyak berpikir.

Berikut keajaiban dan keutamaan sedekah saat Ramadhan, seperti yang dipaparkan dalam buku "Keajaiban Ramadan" oleh Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI).

1. Pahala Sedekah Yang Berlipat

AYO BACA : Dispensasi Mudik untuk Santri, MUI Dorong Ridwan Kamil Beri Izin

Terdapat banyak ayat mengenai perintah sedekah dan keutamaannya. Dalam surah Al-Baqarah ayat 245, Allah menyebutkan akan melipat gandakan pahala siapa saja yang bersedekah meski dengan harta yang sedikit.

2. Perisai dari Api Neraka

Dari Aidy bin Hatim radhiyallahu anhu berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, "Tidak seorang pun di antara kalian melainkan diajak bicara oleh Rabbnya, tanpa penerjemah antara dia dengan-Nya. Ia menoleh ke samping kanannya, ia hanya melihat apa yang telah diamalkannya. Kemudian ia menoleh ke samping kirinya, ia pun hanya melihat apa yang telah diamalkannya. Ia melihat ke arah depannya, ia melihat di depannya neraka. Maka bertakwalah kalian, walaupun hanya dengan sebutir kurma. Barangsiapa yang tidak memilikinya ,maka dengan kata-kata yang baik," (Muttafaq alaih).

3. Memadamkan Kemurkaan Allah

Sedekah adalah salah satu cara untuk terhindar dari murka-Nya. Hal tersebut sebagaimana sabda Rasul dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ath Thabrani dan disahihkan oleh Al Albani.

"Orang-orang yang berbuat kebaikan dipelihara dari kematian yang jelek. Sedekah secara rahasia memadamkan murka Allah. Silaturahim menambah usia. Semua perbuatan baik itu adalah sedekah. Orang yang berbuat di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik di akhirat. Orang-orang yang melakukan perbuatan munkar di dunia, mereka adalah orang-orang munkar di akhirat". (HR. Ath Thabrani dan disahihkan oleh Al Albani).

4. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Kerap kali kita hitung-hitungan dalam masalah harta. Namun pada hakikatnya, harta yang disedekahkan di jalan Allah tidak akan berkurang. Bahkan para malaikat berdoa kepada Allah untuk mengganti harta yang disedekahkan oleh seorang muslim.

5. Sebab Masuk Surga

Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, Rasul bersabda bahwasanya ada seorang lelaki yang karena sedekahnya Allah masukkan dia ke surga. Ketika didatangi dan ditanya oleh malaikat maut perbuatan baik apa yang menyebabkan lelaki itu masuk surga, ia menjawab, "Aku tidak mengetahui sesuatu pun amalan baik yang telah aku lakukan selain bahwa dahulu aku suka berjual beli barang dengan manusia ketika di dunia dan aku selalu mencukupi kebutuhan mereka. Aku memberi keluasan dalam pembayaran hutang bagi orang yang memiliki kemampuan dan aku membebaskan tanggungan orang yang kesulitan." (Maswanajih)

AYO BACA : Wisata Bisa Jadi Dalih Mudik Lebaran


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar