Yamaha

THR PNS Mulai Cair Hari Ini, 28 April 2021

  Rabu, 28 April 2021   A. Dadan Muhanda
Ilustrasi Pencairan THR PNS

 JAKARTA, AYOCIREBON.COM-- Pemerintah akan mulai mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS pada hari ini, Rabu 28 April 2021 untuk mendorong kemampuan daya beli masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya telah menyiapkan program untuk memacu keseimbangan supply dan demand di antaranya penyaluran target output dukungan sosial seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako dan lainnya,termasuk mempercepat THR.

 

“Program yang belum terpenuhi pada triwulan satu akan didorong cair pada April hingga Mei 2021. Menjelang Lebaran, pemerintah akan mempercepat pencairan kartu sembako dari Juni ke awal Mei,” ujarnya dikutip Republika..

Dia kembali mengingatkan perusahaan swasta agar membayar THR kepada karyawan jelang Lebaran 2021. Menurut Airlangga, kasus Covid-19 yang sekarang makin terkendali mesti diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi.

“THR juga akan diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri. THR dan gaji ke-13 bisa mendorong konsumsi masyarakat. Program-program Kementerian Koordinator Perekonomian nantinya bersinergi dengan THR swasta untuk meningkatkan daya beli,” ucapnya.

Kementerian Keuangan akan mulai mencairkan tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan Polri mulai, Rabu (28/4/ 2021).

Rencana tersebut sesuai dengan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang menyebut THR PNS cair mulai 10 hari sebelum lebaran hingga 5 hari sebelum lebaran.

Direktur Pelaksanaan Anggaran Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Sudarso menjelaskan, perhitungan H-10 jatuh pada 28 April 2021 karena memperhitungkan hari efektif kerja PNS dan cuti bersama Lebaran yang jatuh pada 12 Mei 2021.

"Pembayaran THR paling cepat 10 hari kerja sebelum hari raya, berarti bisa mulai tanggal 28 April 2021," kata Sudarso kepada media, Senin (26/4/2021).

Peraturan pemerintah (PP) tentang THR PNS kini tinggal menunggu tanda tangan Presiden Jokowi. Sedangkan peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai aturan turunannya juga sudah siap, tinggal menunggu PP dikeluarkan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar