bank bjb
  

Warga Balongan Perlu Kantongi Pernyataan Medis untuk Urus Masalah Traumatik

  Kamis, 29 April 2021   Erika Lia
Warga Balongan Perlu Kantongi Pernyataan Medis untuk Urus Masalah Traumatik
ilustrasi -- Ratusan warga terdampak ledakan dan kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, mengungsi di GOR Bumi Patra beberapa waktu lalu pasca perisitwa terjadi. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Warga terdampak ledakan kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, pada 29 Maret 2021 yang mengalami trauma psikologis disarankan mengantongi pernyataan medis.

Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Syaefudin menyatakan, pendekatan medis menjadi metode terukur yang dapat digunakan untuk tuntutan ganti rugi immaterial.

"Landasan ukurannya (tuntutan ganti rugi) belum jelas karena yang lebih bisa menentukan seseorang terdampak trauma adalah pernyataan medis," katanya, belum lama ini. 

AYO BACA: Polda Jabar Janji Kawal Ganti Rugi Masyarakat Terdampak Ledakan Pertamina Balongan
AYO BACA: Polda Jabar Belum Ungkap Penyebab Ledakan Kilang Pertamina Balongan

Diketahui, sebagian warga yang terdampak ledakan kilang menuntut ganti rugi immaterial. Mereka mengklaim insiden itu telah menyebabkan trauma psikologis.

Menurutnya, sejauh ini Pertamina sendiri akan menyiapkan psikolog dan melaksanakan progam pemulihan trauma (trauma healing). Upaya itu dianggap tepat.

"Setuju (dengan program pemulihan trauma) karena emang tak ada cara lain untuk mengatasi persoalan immaterial seperti trauma," ungkapnya. 

Syaefudin menyatakan tak menghendaki adanya 'penumpang' pada persoalan pasca insiden tersebut. Upaya pihak tertentu yang memanfaatkan situasi hingga memengaruhi warga, harus dihindari.

AYO BACA: Ombudsman Desak Pertamina Segera Ganti Kerugian Warga Balongan
AYO BACA: Ledakan Kilang Minyak Balongan Sebab Teroris, Begini Faktanya!

Dia menyarankan setiap orang mempertimbangkan konsekuensi logis dari situasi yang dihadapi. Warga diminta menerima upaya Pertamina, baik iktikad penggantian rugi secara materi maupun immaterial.

"Pertamina akan mengganti rugi rumah dan properti warga yang rusak akibat terbakarnya tangki kilang minyak Balongan," cetusnya.

Dia meyakinkan, proses dan penghitungan ganti rugi sesuai tata kelola dengan nilai yang juga sesuai standar Pemkab Indramayu. Tak hanya Pertamina, penghitungan pula instansi pemerintah terkait, seperti LH dan PUPR.

AYO BACA: WALHI Ingatkan Ancaman Kesehatan Warga Balongan
AYO BACA: Warga Sekitar Balongan Trauma Ledakan, Minta Segera Direlokasi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar