bank bjb
  
Yamaha

Malam Lailatul Qadar, Malaikat Turun ke Bumi Doakan Hamba yang Sibuk Ibadah

  Jumat, 30 April 2021   Republika.co.id
Malam Lailatul Qadar, Malaikat Turun ke Bumi Doakan Hamba yang Sibuk Ibadah
malam lailatul qadar malaikat turun ke bumi untuk mendoakan para hamba yang sibuk ibadah.

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Saat malam Lailatul Qadar, iringan-iringan malaikat yang dipimpin oleh Jibril turun ke bumi. Mereka mendoakan orang yang ibadah. 

Tentang hal itu, disampaikan Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhillah Ramadhan, berdasarkan hadist baginda Nabi Muhammad SAW. Dari Sayyidina Anas RA, Baginda Rasulullah SAW bersabda: 

 إذا كان ليلةُ القدرِ ؛ نزل جبريلُ – عليه السلامُ – في كَبْكَبَةٍ من الملائكةِ، يُصَلُّونَ على كلِّ عبدٍ - قائمٍ أو قاعدٍ – يَذْكُرُ اللهَ – عز وجل ؛ فإذا كان يومُ عِيدِهم - يعني : يومَ فِطْرِهِم - باهَى بهم ملائكتَه، فقال : يا ملائكتي ! ما جزاءُ أَجِيرٍ وَفَّى عملَه ؟ ! قالوا : رَبُّنا ! جزاؤُه أن يُوَفَّى أجرَه ؛ قال : ملائكتي ! عبيدي وإمائي قَضَوْا فريضتي عليهم، ثم خرجوا يَعِجُّون إلى الدعاءِ، وعزتي وجلالي وكَرَمِي وعُلُوِّي وارتفاعِ مكاني ؛ لَأُجِيبَنَّهم، فيقولُ : ارجِعوا فقد غَفَرْتُ لكم، وبَدَّلْتُ سيئاتِكم حسناتٍ – قال - ؛ فيَرْجِعون مغفورًا لهم

"Apabila tiba Laitul Qadar maka malaikat Jibril turun ke dunia bersama iring-iringan para malaikat dan akan berdoa bagi orang yang berdiri atau duduk mengingat Allah SWT (sibuk ibadah).

Pada hari Idul Fitri, Allah SWT akan membangga-banggakan ibadah-ibadah mereka di hadapan para malaikat yang karena dahulu para malaikat pernah mencela manusia dan berfirman.  

"Wahai para malaikat Ku, apakah balasan bagi orang yang telah menyempurnakan kewajibannya? Mereka menjawab. "Ya Rabb kami hendaknya Engkau memenuhi upah mereka." 

Allah SWT berfirman. "Wahai para malaikat-Ku hamba laki-laki dan hamba perempuan-Ku telah menyempurnakan kewajiban-kewajiban mereka, lalu mereka keluar untuk sholat Id dan berdoa meraung-raung. Sungguh, demi kemuliaan-Ku keagungan-Ku, kehormatan-Ku, keluhuran-Ku, dan ketinggian kedudukan-Ku, pasti Aku kabulkan doa-doa mereka.  

Lalu, Allah SWT berfirman kepada manusia, “Kembalilah kalian! Sungguh telah Aku ampuni dosa-dosa kalian dan Aku ganti keburukan kalian dengan kebaikan kebaikan."  Baginda Nabi SAW Wassalam bersabda, "Mereka pun kembali dengan memperoleh ampunan."( HR Baihaqi dari kitab Miyskat).

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi menerangkan hadits di atas menurutnya Alquran dengan jelas telah menyatakan kedatangan malaikat Jibril bersama para malaikat ke dunia ini. Dan masih banyak hadits yang menyebutkan hal tersebut. 

Dalam kesempatan itu, kata Syekh Zakariyya, malaikat Jibril menyuruh seluruh malaikat yang bersamanya menyalami orang-orang yang banyak mengingat Allah SWT. Keadaan para malaikat ini hanya ada di 10 terakhir Ramadhan.

"Pergilah ke rumah orang yang sedang berzikir dan sibuk beribadah, serta berjabat tangan lah dengan mereka!" 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar