Yamaha

Daftar Bantuan Pemerintah yang Cair Sebelum Ramadhan 2021 Habis

  Minggu, 02 Mei 2021   Editor
ilustrasi bantuan pemerintah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Pemerintah menjanjikan sejumlah bantuan akan dicairkan sebelum Lebaran Idul Fitri 2021. Bantuan-bantuan tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Melansir Suara.com, berikut beberapa bantuan yang bisa Anda nikmati jika Anda termasuk golongan yang menjadi target pemberian bantuan.

1. BLT UMKM

Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro atau BPUM telah dikonfirmasi akan terus dilanjutkan. Ini artinya, Anda yang pernah menerima stimulus ini akan kembali mendapatkannya sebelum Lebaran tiba.

Namun demikian BPUM hanya diberikan pada target spesifik, untuk terus menggerakkan ekonomi mikro. Meski tak besar, namun bantuan dana segar bisa jadi stimulus yang baik efeknya untuk masyarakat luas.

2. Bansos Sembako

Bantuan Pangan Non Tunai juga akan dapat dinikmati hingga Desember 2021 nanti. Artinya pada masa Lebaran, semua yang menjadi target dari bansos ini akan kembali menerima bantuan secara langsung. Setidaknya hingga saat ini terdapat 18,8 juta orang penerima yang terdaftar, dan besaran per orangnya mencapai Rp.200.000.

3. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja yang sukses membantu cukup banyak orang kembali di adakan. Jumlah bantuan yang cukup besar nilai rupiahnya, serta manfaat yang dirasakan oleh peserta program ini menjadi fokus utamanya.

Untuk paruh pertama 2021 sendiri kabarnya masih akan diadakan program serupa, namun dengan proses yang masih sama dari tahap ke tahapnya.

4. Program Keluarga Harapan

PKH juga menjadi bantuan yang akan dapat dinikmati sebelum Lebaran tiba beberapa hari lagi. Program ini sendiri menyasar ibu hamil, anak-anak, siswa SD, SMP, hingga SMA, dan penyandang disabilitas serta orang lanjut usia. Nilainya yang cukup lumayan seperti angin segar untuk warga yang memang benar-benar membutuhkan.

5. Subsidi Listrik

Meski tidak berupa uang tunai, namun subsidi listrik juga menjadi salah satu subsidi yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara nyata. Targetnya jelas, yakni pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA, bisnis kecil dengan daya serupa, dan industri kecil dengan daya yang sama. Diskonnya jingga 50%, dengan perhitungan penggunaan maksimal 720 jam menyala.

Beberapa bantuan yang cair Mei 2021 sebelum Lebaran di atas semoga bisa membarikan manfaat maksimal untuk setiap targetnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar