Yamaha

Aturan Lengkap Mudik Aglomerasi Cirebon Raya, Siapkan Surat Penting Ini

  Senin, 03 Mei 2021   Erika Lia
Ilustrasi Aturan Mudik Lebaran area Cirebon
WERU, AYOCIREBON.COM- Luput sebagai wilayah aglomerasi yang dikecualikan mudik lokal, warga Cirebon Raya/Ciayumajakuning diimbau menyiapkan beberapa dokumen penting sebelum melakukan perjalanan ke luar wilayah tinggalnya menjelang Lebaran ini.
 
Cirebon Raya/Ciayumajakuning (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan) sebagaimana diketahui tak termasuk wilayah aglomerasi yang masyarakatnya dibolehkan melakukan perjalanan lokal di 5 daerah tersebut.
 
"Ciayumajakuning bukan wilayah aglomerasi yang dikecualikan. Di Jabar hanya warga di Wilayah Bodetabek dan Bandung Raya yang boleh melakukan perjalanan antar daerah di wilayah itu," tutur Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol Ahmat Troy Aprio, Senin, 3 April 2021.
 
Karenanya, pihaknya akan memeriksa setiap kendaraan bernomor polisi Kabupaten Cirebon yang hendak menuju luar kota, baik di Wilayah Ciayumajakuning maupun luar Ciayumajakuning.
 
Pemeriksaan meliputi identitas diri maupun dokumen perjalanan. Warga yang memiliki keperluan di luar Kabupaten Cirebon diwajibkan mengantongi surat perjalanan, seperti surat dinas atau lainnya maupun surat bebas Covid-19.
 
"Yang penting bawa surat, termasuk juga surat tugas (surat dinas) kalau memang hendak kerja di luar Kabupaten Cirebon. Berikut surat bebas Covid-19," tegasnya.
 
Pengecualian berlaku bagi jenis-jenis perjalanan non mudik yang meliputi distribusi logistik, bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit/duka, ibu hamil/persalinan, dan perjalanan non mudik lain yang dilengkapi surat dari kepala desa/lurah.
 
Di luar perjalanan non mudik tersebut, masyarakat diimbau tetap di rumah. Perjalanan wisata pun tak diizinkan.
 
"Untuk perjalanan wisata, tidak dibolehkan," tambahnya.
 
Sanksi berupa karantina 5x24 jam berlaku bagi pelanggarnya.
 
Hari ini sendiri, Polresta Cirebon bersama Pemkab Cirebon dan Satgas Covid-19 setempat menggelar penyekatan di 9 titik se-wilayah hukum Polresta Cirebon. Salah satunya di check point Ramayana, di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.
 
Kecuali kendaraan bernomor polisi E (Ciayumajakuning), petugas memeriksa setiap kendaraan yang dicurigai akan melakukan perjalanan mudik.
 
Setiap perjalanan tanpa surat tugas atau bukan sejenis perjalanan darurat yang mendesak, pelakunya akan diputarbalikkan kembali ke kota asal.
 
"Kami cek asal tujuan setiap pengendara, KTP, SIM, maupun surat bebas Covid-19," katanya.
 
Bila perjalanan yang dilakukan pengendara terkategori non mudik, namun tanpa surat bebas Covid-19 atau habis masa berlakunya, pelaku perjalanan akan diarahkan ke pos Dinas Kesehatan di area pos penyekatan.
 
"Ada pos untuk rapid test gratis. Nanti tindaklanjut oleh petugas Dinas Kesehatan," ujarnya.
 
Sejauh ini, belum ada kendaraan yang harus putar balik. Hasil pengecekan surat bebas Covid-19 pun rerata pengendara negatif Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar