bank bjb
  

Lengkap Sebelum Lebaran 2021, Mutasi Covid-19 Inggris, India, dan Afrika Selatan Sudah Masuk Indonesia

  Senin, 03 Mei 2021   Editor
Lengkap Sebelum Lebaran 2021, Mutasi Covid-19 Inggris, India, dan Afrika Selatan Sudah Masuk Indonesia
Kartun editorial karya Mohammad Hasib. (Ayosemarang.com)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Pemerintah menyebut mutasi Covid-19 dari India dan Afrika Selatan sudah masuk ke Indonesia, tak terkecuali mutasi corona Inggris yang sudah terdeteksi lebih dulu. Karena itu, masyarakat diminta lebih berhati-hati.

"Mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin, 3 April 2021.

AYO BACA: Mal Dikerumuni, MUI Ingatkan Muslim tak Perlu Tampil Mewah saat Lebaran

Sebelumnya, mutasi dari Inggris telah terlebih dahulu terdeteksi di Indonesia sebanyak13 insiden. Mutasi-mutasi virus dari ketiga negara tersebut, menurut Menkes, termasuk kategori variant of concern atau varian yang sangat diperhatikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori variant of concern atau mutasi-mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh WHO karena penularannya relatif lebih tinggi. Ini harus kita jaga,” jelasnya.

AYO BACA: Jelang Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Pusat Belanja di Kota Cirebon Ramai 

Upaya untuk mencegah agar mutasi virus tersebut menyebar pun perlu dilakukan segera dan menjadi tugas bersama dari seluruh pihak. Isolasi dan disiplin melakukan pelacakan serta pengetesan bagi kontak erat menjadi salah satu upayanya.

Selain itu, Menkes juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna melindungi diri dari penularan mutasi virus tersebut.

“Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, insyaallah harusnya penularan tidak terjadi. Itu sebabnya kenapa saya akan terus menerus mengingatkan bahwa disiplin protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua di manapun kita berada,” tandasnya.

AYO BACA: Wanita Majalengka Bunuh Bocah Pakai Sate Racun Sianida 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar