bank bjb
  

Masih Banyak yang Belum Paham Alur dan Tata Cara Mendapatkan BLT UMKM

  Selasa, 04 Mei 2021   Editor
Masih Banyak yang Belum Paham Alur dan Tata Cara Mendapatkan BLT UMKM
ilustrasi BLT UMKM. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM --  Kepala Bidang Koperasi dan UKM Rosidah mengatakan, sampai saat ini masih banyak yang belum dengan alur dan tata cara pendaftaran BLT UMKM alias BPUM. Hal itu terutama ketika calon penerima harus terlebih dulu mendaftar secara online. 

Menurut Rosidah, masyarakat harus terlebih dahulu melengkapi segala dokumen yang dibutuhkan kemudian login dan mendaftar ke link yang sudah tersedia. Setelah proses mendaftar berhasil kemudian masyarakat dipersilahkan untuk mengirmkan fisik dokumen/berkas ke Diskopindag Bidang Koperasi dan UMKM dan kemudian ditempatkan sesuai dengan box per kecamatan.

AYO BACA: Cek 4 Tahapan ini, Saat Proses Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta

Menurut dia, dinasnya hanya menerima berkas dan memverifikasi sesuai dengan peryaratan, sedangkan keputusan akhir ada di pihak Kementerian dan Perbankan yang menyalurkan dana BPUM tersebut.

“Kami hanya menerima berkas dan memverifikasinya, keputusan akhir ada di Kementerian dan Perbankan sebagai lembaga yang menyalurkan dana tersebut,” kata Rosidah, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 4 Mei 2021.

Dia mengungkapkan, sejak dibukanya kembali pendaftaran BLT UMKM, animo pelaku UMKM di Kabupaten Indramayu sangatlah tinggi. Pihaknya pun saat ini tengah bermaraton memverivikasi berkas pendaftaran yang sudah masuk.

AYO BACA: Cara Mudah Mendapatkan BLT UMKM Rp 1,2 juta April-Mei 2021

Berdasarkan data yang masuk ke Diskopindag Kabupaten Indramayu sampai dengan Selasa ini pukul 14.30 WIB, berkas pendaftaran BPUM yang sudah masuk sebanyak 6.944 berkas dari pelaku UMKM.

Sementara itu, staf Bupati Indramayu yang membidangi UMKM, Ato Susanto menjelaskan, pihaknya akan terus memastikan pelaksanaan BLT UMKM 2021 mulai dari pendaftaran, verifkasi, hingga pencairan tidak ada penyimpangan maupun pungutan liar.

“Kami berharap tidak ada lagi oknum yang mengatasnamakan siapapun melakukan penyimpangan dan pungutan liar. Dengan bantuan ini kami harap UMKM Indramayu Bangkit untuk menuju Indramayu Bermartabat,” tegas Ato Susanto.

AYO BACA: Cara Praktis Cek Pencairan Penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta via eform.bri


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar