bank bjb
  

Khutbah Idul Fitri Sebagai Tuntunan Sholat di Rumah

  Kamis, 06 Mei 2021   Editor
Khutbah Idul Fitri Sebagai Tuntunan Sholat di Rumah
ilustrasi khutbah. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Khutbah Idul Fitri perlu jadi perhatian bersama umat Muslim. Pasalnya, masyarakat diimbau untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri 2021 di rumah lantaran pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri di rumah bisa dilakukan secara berjamaah atau sendiri alias munfarid.

Untuk berjamaah, setidaknya ada empat orang, terdiri dari satu imam dan tiga orang makmum. Sementara dilaksanakan sendiri bila bilangan jamaah sholat kurang dari itu, atau bila tak ada yang sanggup dijadikan imam.

AYO BACA : Ketinggalan Sholat Idul Fitri, Apakah Bisa Diganti?

Lantas di antara tata cara Sholat Idul Fitri untuk yang berjamaah, disyaratkan melaksanakan khutbah dari khatib usai sholat dilaksanakan.

Tuntunan Khutbah Idul Fitri

Melansir dari laman Kemenag RI, untuk menjalankan Khutbah Idul Fitri, khatib mesti menjalankan rukun khutbah Rukun adalah sesuatu yang jika tidak dipenuhi maka tidak sah amal tersebut.

Rukun Khutbah Idul Fitri 

  1. Membaca hamdalah, yakni ucapan “Alhamdulillah” .
  2. Lalu syahadat  (Tasyahud),  yaitu  membaca  “Asyhadu  anla  ilaaha  illallah  wahdahu  laa syarikalahu  wa  Asyhadu  anna  Muhammadan  abduhu  warasuluhu”.
  3. Shalawat
  4. Wasiat Taqwa, antara lain ucapan “Ittaqullah haqqa tuqaatih”.
  5. Membaca ayat Alquran.
  6. Berdoa

 

Dalil Rukun Khutbah Idul Fitri

  • Dalil membaca hamdalah. Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW., dari Jabir r.a.: “Sesungguhnya Nabi SAW. berkhutbah pada hari Jum’at, maka (beliau) memuji Allah (dengan mengucap Alhamdulillah) dan menyanjung-Nya”. (HR. Imam Muslim).
  • Tasyahud, "Tiap-tiap khutbah yang tidak ada syahadatnya adalah seperti tangan yang terpotong". (HR Ahmad dan Ibnu Dawud)
  • Membaca Alquran, berdasarkan hadits Nabi SAW., dari Jabir bin Samurah ra: “Adalah Rasulullah SAW. berkhutbah (dalam keadaan) berdiri dan duduk antara dua khutbah, membaca ayat-ayat Alquran serta memberikan peringatan kepada manusia”. (HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Tirmidzi).
  • Semua rukun khutbah diucapkan dalam bahasa Arab. Empat rukun yang  pertama (Hamdalah, Syahadat, Shalawat, dan wasiat) diucapkan pada khutbah yang pertama dan kedua. Sedangkan ayat Alquran boleh dibaca pada salah satu khutbah (pertama atau kedua) dan doa pada khutbah yang kedua.

AYO BACA : Tata Cara Sholat Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar