Yamaha

Kuliner Cirebon Selain Empal Gentong Yang Wajib Dicoba

  Kamis, 06 Mei 2021   Handy Dannu Wijaya
Kuliner Cirebon Selain Empal Gentong Yang Wajib Dicoba

AyoCirebon.com - Kuliner Cirebon yang paling terkenal adalah empal gentong. Selain empal gentong ada kuliner lain yang patut kamu coba ketika berada di Cirebon. Dijamin kamu akan semakin betah ketika liburan di Cirebon. Apa saja sih ? AyoCirebon.com merangkumnya untuk kamu.

Tongseng Baso di Desa Batembat Tambah Menu Khas Kabupaten Cirebon

Tongseng Baso Cirebon

Kuliner Cirebon selain Empal Gentong yang bisa dicoba ada di Desa Batembat, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, selama ini dikenal sebagai salah satu pusat kuliner tongseng yang khas. Olahan tongseng di Batembat tak lepas dari keberadaan rumah pemotongan hewan (RPH). 
Menikmati tongseng Batembat sejak lama dikenal sebagai kegiatan kuliner malam, mengingat rata-rata warung-warung makan tongseng di sini buka pada malam hingga dini hari. Namun, belakangan dibuka pula rumah makan yanh menyediakan tongseng pada siang hari. Berlokasi di jalur pantura, warung makan ini juga menyediakan menu varian berupa baso tongseng.

Kue Gonjing Jajanan Tempo Dulu Yang Masih Diburu Wisatawan

Kue Gonjing Cirebon

Kue yang mempunyai rasa khas gurih dan manis ini, dikenal juga didaerah lainnya dengan nama yang berbeda. Di Jakarta terkenal dengan nama kue pancong, sedangkan di Bandung disebut kue bandros dan di Cirebon disebut kue gonjing.

Salah seorang pedagang, Sobur Sobirin mengatakan selama 30 tahun dirinya berjualan kue gonjing di depan Pasar PGC, Kota Cirebon. Kepopuleran kue gonjing tidak pernah pudar tergerus zaman. Menurutnya, rasa khas kue gonjing yang membuat penikmat kuliner tidak bosan menikmatinya dalam berbagai waktu. Selain itu, harganya yang relatif murah membuat semua kalangan bisa menikmatinya.

"Banyak yang beli, karena rasanya enak dan tidak pernah berubah dari dulu. Saya dulu jual satunya lima perak, tapi sekarang Rp2.000 untuk tiga kue," katanya.

Tahu Gejrot Pak Wardi yang Terkenal

Tahu Gejrot Pak Wardi Cirebon

Tahu gejrot merupakan kuliner asli dari daerah Ciledug, Kabupaten Cirebon. Kuliner ini berbahan dasar tahu goreng yang dipotong kecil dan disiram dengan bumbu kuah berwarna coklat. 

Menemukan penjual tahu gejrot di Cirebon tidak terlalu sulit, karena hampir disetiap pojok kota mudah ditemukan. Namun satu dari ribuan penjual yang terkenal yaitu tahu gejrot Pak Wardi di pertigaan Pecinan, Pasar Kanoman, Kota Cirebon paling banyak diburu.

Sang Pemilik, Ibu Wardi mengatakan tahu gejrot Pak Wardi sudah ada sejak tahun 1972. Pertama kali tahu gejrot Pak Wardi berjualan di Jatiseeng, Ciledug Kabupaten Cirebon, kemudian sepuluh tahun terakhir pindah ke tempat berjualannya saat ini. "Jualan tahu gejrot dari tahun 1972 di Jatiseeng, lalu pindah kesini sekitar sepuluh tahunan," ujarnya kepada ayocirebon.com

Ibu Wardi mengatakan satu porsi tahu gejrotnya dijual seharga Rp10.000. Selain di makan di tempat, disediakan juga kemasan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan dengan harga Rp30.000 berisi 50 tahu. 

Kaladama, Varian Tahu Gejrot Khas Cirebon Timur
Kaladama Khas Cirebon
Di bagian timur Kabupaten Cirebon, terdapat makanan serupa yang dikenal dengan nama kaladama. Pada kaladama, tahu gejrot disajikan bersama potongan ketupat/kupat. Selain tahu, kesamaan kaladama dengan tahu gejrot adalah penyajiannya pada piring gerabah. Selain itu, sekalipun sama-sama tahu, tekstur pada tahu kaladama lebih padat berisi dan bukannya tahu 'kopong' seperti pada tahu gejrot biasa.

Makanan ini terutama populer di sekitar Lemahabang, Astanajapura, dan Karangsembung, Kabupaten Cirebon. Seporsi kaladama rerata dijual Rp5.000-Rp6.000.

Itulah beberapa kuliner Cirebon selain empal gentong yang patut kamu coba ketika berkunjung ke Cirebon. Selain murah, kuliner ini juga mudah ditemukan dan yang pasti akan memanjakan lidah anda.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar