bank bjb
  
Yamaha

Ridwan Kamil: Tidak Ada Larangan Sholat Idul Fitri di Jawa Barat

  Senin, 10 Mei 2021   Handy Dannu Wijaya
Ridwan Kamil: Tidak Ada Larangan Sholat Idul Fitri di Jawa Barat
ilustrasi ibadah sholat idul fitri. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan tidak ada larangan gelaran Sholat Idul Fitri di wilayahnya. 

Seluruh warga Jawa Barat, sebut Ridwan Kamil, boleh melaksanakan Sholat Idul Fitri di tempat sebagaimana biasa dilakukan, misalnya di masjid. 

Hanya saja Ridwan Kamil menggarisbawahi bahwa pelaksanaan Sholat Idul Fitri di ruang publik mesti didasari status wilayahnya yang tidak zona merah.

"Saya ingatkan Sholat Id dibolehkan, tidak ada pelarangan, tapi lokasinya harus diatur," katanya di Bandung, Senin, 10 Mei 2021.

Masyarakat yang berada di zona merah tidak diperkenankan melaksanakan Sholat Idul Fitri di tempat yang sifatnya publik, tetapi digelar di rumah masing-masing. 

"Kalau dia zona merah, tidak ada Sholat Ied yang sifatnya publik, tapi bisa di rumah masing-masing," ujar Kang Emil.

"Untuk di luar zona merah maksimal boleh di masjid, tapi wajib prokes. Jadi tidak ada pelarangan hanya tempatnya diatur sesuai kondisi daerah," imbuhnya. 

Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar dan Arti Taqaballahu Minna wa Minkum

Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar dan Arti Taqaballahu Minna wa Minkum. Arti dari Taqaballahu Minna wa Minkum adalah "semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian". Hal ini sesuai dengan hadits dari Jubair bin Nafir. Saat memperingati hari raya Idul Fitri berlangsung umat Islam biasanya saling mengucapkan selamat hari raya baik secara langsung maupun dikirim bersamaan dengan bingkisan atau melalui pesan media sosial.

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Ahmad Satori Ismail mengatakan ucapan yang biasa diucapkan umat Islam Indonesia adalah Minal Aidin wal Faizin. Sebenarnya ucapan ini kurang lengkap atau kependekan dari Ja'alanallahu Minal Aidin wal Faizin.

Arti dari Ja'alanallahu Minal Aidin wal Faizin adalah semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali fitrah dan orang yang mendapat kemenangan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar