bank bjb
  
Yamaha

Seluruh Wisata Indramayu Ditutup Sampai Batas Waktu yang Tidak Ditentukan

  Senin, 17 Mei 2021   Editor
Seluruh Wisata Indramayu Ditutup Sampai Batas Waktu yang Tidak Ditentukan
Ilustrasi objek wisata. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Seluruh objek wisata di Kabupaten Indramayu ditutup sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan sejak Minggu, 16 Mei 2021. Penutupan tersebut merupakan hasil kesepatan otorita daerah menyusul banyaknya wisatawan yang datang dari luar daerah, di samping sejumlah pengunjung diketahui positif Covid-19.

Sebelum kebijakan terbaru, pada 13 Mei 2021 atau bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 2021, Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan edaran untuk menutup objek wisata. Namun surat tersebut tidak serta merta dipatuhi pengelola objek wisata.

Para pengelola objek wisata memilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan membatasi jumlah pengunjung hanya 25 persen. Akhirnya, Satgas Covid-19 menerapkan tes rapid antigen di beberapa objek wisata.

Berdasarkan hasil rapid antigen secara acak kepada para pengunjung di berbagai objek wisata, didapatkan pengunjung dari luar Kabupaten Indramayu terkonfirmasi positif Covid-19.

“Betul hasil rapid antigen secara acak didapatkan pengunjung yang positif,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, mengutip laman resmi Pemkab Indramayu, Senin, 17 Mei 2021.

Langkah tersebut, ujar Deden, diambil agar tidak muncul kasus baru di lokasi objek wisata apalagi bercampur dengan wisatawan dari luar Kabupaten Indramayu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo langsung turun ke lapangan guna memantau penutupan di berbagai objek wisata. Diawali dari Pantai Karangsong, Pantai Balongan Indah, hingga ke tempat wisata Indramayu lainnya.

“Tentunya kita tidak ingin seperti daerah atau negara lain di mana banyaknya massa yang berkerumun di tempat yang sama mengakibatkan tingginya kasus Covid-19,” kata Rinto.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, tugas mencegah penyebaran Covid-19 saat pandemi sudah jadi tugas bersama demi keselamatan masyarakat. Saat rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pekan lalu, penutupan objek wisata saat momen idul fitri pun diisyaratkan agar dilakukan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar