Yamaha

Hari Ini : Hari Museum Internasional Diperingati Setiap 18 Mei

  Selasa, 18 Mei 2021   Handy Dannu Wijaya
Hari Ini : Hari Museum Internasional Diperingati Setiap 18 Mei (Cirebon)

AyoCirebon.com - Hari Museum Internasional atau yang dikenal dengan International Museum Day diperingati setiap tanggal 18 Mei setiap tahunnya. Peringatan Hari Museum International ini pertama kali digagas pada tahun 1977 oleh International Council of Museums atau ICOM yang mengadakan International Museum Day (IDM). Lembaga ICOM ini menetapkan Hari Museum Internasional untuk mendorong kesadaran publik terhadap peran museum dalam pengembangan kehidupan masyarakat.

Museum telah mulai melakukan kegiatan-kegiatan yang meransang masyarakat untuk berkunjung ke museum seperti lomba mewarnai, lomba melukis, lomba baca puisi, lomba lagu perjuangan, lomba memasak, lomba debat dan mengadakan seminar tentang tokoh-tokoh serta acara bermalam di Museum. Dengan acara seperti itu diharapkan peningkatan jumlah kunjungan ke museum sangat tinggi dan menambah pengetahuan masyarakat.

Dengan adanya peringatan Hari Museum Internasional diharapkan Masyarakat akan selalu mencintai museum dan menjaganya agar dapat dinikmati oleh anak cucunya. Museum merupakan tempat penyimpanan berbagai koleksi dan peralatan peradapan manusia yang memiliki tujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat akan kemajuan peradaban manusia pada masa lalu dan perkembangan masa depan.

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

Hari Ini : Hari Museum Internasional Diperingati Setiap 18 Mei

Menangkal ketidaktahuan dan membangkitkan kesadaran, pihak Kasepuhan Cirebon membangun museum pusaka di area Keraton Kasepuhan Cirebon. Dalam museum, benda-benda kuno peninggalan leluhur tersimpan aman dan terpelihara baik.

Beberapa benda kuno yang bisa dilihat di antaranya kereta Singabarwang yang digunakan untuk kirab sultan, Ani-ani/ketam yakni pisau kecil untuk panen padi, meriam, aneka senjata khas, aneka aksesori seperti tusuk konde, perhiasan pengantin, dan lainnya, aneka ukiran kayu, seperangkat gamelan Sekaten, dan masih banyak lagi. 

Selain menikmati nuansa masa lalu dengan nyaman, koleksi museum pun dapat dipelajari pengunjung. Pasca hampir tiga bulan tutup akibat pandemi Covid-19, museum pusaka kembali dibuka bagi umum sejak 30 Mei 2020 dengan kewajiban penerapan protokol pencegahan Covid-19. Seribuan koleksi di museum ini dijamin kebersihannya. 

Untuk anda yang ingin bermain sambil belajar tentang Hari Museum Internasional anda bisa mengunjungi Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar