Yamaha

Arus Balik Lebaran, Kereta Jarak Jauh Reguler di Cirebon Kembali Operasi

  Selasa, 18 Mei 2021   Erika Lia
Ilustrasi KA jarak jauh. (Ayocirebon.com/istimewa)
KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM --Sedikitnya 70 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali dioperasikan PT KAI Daop 3 Cirebon sepanjang masa pengetatan arus balik lebaran, 18-24 Mei 2021.
 
Berbeda dengan KA Jarak Jauh Khusus Non Mudik, KA Reguler ini dioperasikan untuk melayani seluruh perjalanan dengan beragam kepentingan.
 
"Jumlahnya (KA reguler) rata-rata 70 perjalanan KA/hari," kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto.
 
Ke-70 perjalanan KA Jarak Jauh Reguler itu antara lain 37 KA ke arah Jakarta, 11 KA ke arah Surabaya, 5 KA ke arah Malang, 5 KA ke arah Yogyakarta, 5 KA ke arah Semarang, 3 KA ke arah Kutoarjo, 2 KA ke Blitar, 1 KA ke Bandung, dan 1 KA ke Jombang.
 
KA Jarak Jauh Reguler sebelumnya dioperasikan pada masa pengetatan arus mudik (22 April-5 Mei 2021). Ketika itu, tercatat 16.667 penumpang KA Jarak Jauh Reguler yang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.
 
"Sedangkan jumlah penumpang yang turun mencapai 17.905 orang," ujarnya.
 
Dia mengingatkan, para calon penumpang KA reguler tidak perlu menyertakan surat izin perjalanan.
 
Namun, masih harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 berupa surat keterangan negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.
 
Untuk membantu melengkapi syarat surat bebas Covid-19 ini sendiri, PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyediakan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp85.000 dan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp30.000.
 
"Layanan tes Covid-19 itu tersedia di 3 stasiun, masing-masing Stasiun Cirebon Kejaksan, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Jatibarang," tuturnya.
 
Untuk mengantisipasi peningkatan masyarakat atas layanan GeNose, pihaknya berencana menambah 2 titik lokasi layanan GeNose di Stasiun Brebes dan Stasiun Haurgeulis pada Juni 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar