bank bjb
  

Pembongkaran Pagar Alun-Alun Indramayu Disambut Riang Warga Karena Dianggap Pembatas

  Rabu, 19 Mei 2021   Erika Lia
Pembongkaran Pagar Alun-Alun Indramayu Disambut Riang Warga Karena Dianggap Pembatas
Warga antusias menyaksikan pembongkaran pagar Alun-alun Kabupaten Indramayu.
INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM- Sorak sorai warga mengiringi pembongkaran pagar Alun-alun Kabupaten Indramayu, Rabu, 18 Mei 2021. Kegembiraan meluap sebab perobohan pagar dianggap telah menghapus keraguan mereka.
 
Sejak dibangun pada 2010, semasa pemerintahan Bupati setempat, Anna Sophanah, pagar yang mengelilingi Alun-alun Kabupaten Indramayu dinilai warga telah menciptakan jarak antara mereka dengan ruang publik tersebut.
 
Keengganan warga akhirnya membuat alun-alun nyaris sepi dari aktivitas warga. Fungsinya kerap bergeser sebagai lahan parkir pengunjung Pendopo Indramayu.
 
Momen pembongkaran dianggap bersejarah. Tak sedikit warga merekam kejadian itu dengan ponselnya.
 
Gegap gempita membahana kala gapura yang menandai gerbang masuk alun-alun dirobohkan alat berat. Warga merasa perobohan pagar sepanjang 100 m dan setinggi lebih dari 1 m itu langkah tepat.
 
"Saya jarang datang ke alun-alun, enggan aja," ungkap seorang warga yang menyaksikan perobohan, Lia.
 
Keengganannya pudar seiring pagar yang roboh. Ia pun berencana mengunjunginya seperti warga di kota lain yang menjadikan alun-alun sebagai bagian dari aktivitas mereka.
 
Bupati Indramayu, Nina Agustina meyakinkan, pembongkaran pagar sekeliling alun-alun akan mengembalikan hak masyarakat untuk mengakses ruang publik itu.
 
"Ini momentum mengembalikan hak masyarakat supaya dekat dengan pemimpinnya," tuturnya saat menyaksikan pembongkaran bersama Forkopimda Kabupaten Indramayu.
 
Pembongkaran pagar tersebut termasuk salah satu dari 10 program unggulan 100 hari kerja Nina dan Wakilnya, Lucky Hakim.
 
Setelah pagar dibongkar, rencananya alun-alun akan ditata dan dilengkapi trotoar. Nina pun meminta masyarakat menjaga alun-alun.
 
"Mari sama-sama menjaga. Setelah alun-alun dibuka kembali, kita rawat dan jaga kebersihannya," imbaunya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar