bank bjb
  
Yamaha

Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 Bertepatan dengan Hari Raya Waisak

  Kamis, 20 Mei 2021   Aini Tartinia
Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 Bertepatan dengan Hari Raya Waisak
Gerhana Bulan Total bakal berlangsung pada 26 Mei mendatang. Fenomena tersebut bakal bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2021.

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Gerhana Bulan Total bakal berlangsung pada 26 Mei mendatang. Fenomena tersebut bakal bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2021.

Diketahui, fenomena gerhana bulan total tersebut sebelumnya pernah terjadi pada 2019 lalu. Namun kali ini, fenomena gerhana bulan total disebut dengan Super Blood Moon.

AYO BACA: Daftar dan Lokasi Pemantauan Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021

Dikutip Ayojakarta.com dari unggahan akun Instagram resmi LAPAN @lapan_ri pada Rabu, 19 Mei 2021, Super Blood Moon dapat disaksikan secara langsung.

“Halo #SobatLAPAN! Tanggal 26 Mei 2021 nanti bertepatan dengan Hari Raya #Waisak, kita dapat menyaksikan #GerhanaBulanTotal,” tulis LAPAN RI.

Gerhana bulan total ini akan terlihat spesial, karena beriringan dengan terjadinya perige atau ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi. Sehingga, nantinya gerhana bulan ini akan tampak berwarna merah karena adanya pembiasan dari cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi.

AYO BACA: Tata Cara Shalat Gerhana Bulan Berikut Dalil Hukum, Syarat, dan Niatnya

Maka dari itu, gerhana bula totalkali ini disebut dengan Super Blood Moon, dan terletak di konstelasi Scorpius.

Meski fenomena langka ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, namun lokasi terbaik untuk dapat melihatnya dengan jelas berada di Indonesia bagian timur saja.

“Lokasi yang terbaik untuk mengamati adalah di Indonesia bagian Timur,” tulis LAPAN.

AYO BACA: 13 Gerhana Matahari Akan Hiasi Langit Indonesia Hingga Tahun 2100

Semua orang dapat melihatnya secara langsung tanpa bantuan alat optik apapun. Durasi fase total gerhana kali ini cukup singkat. Dikabarkan durasi tersebut yakni selama 14 menit 30 detik.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar